BPBD Serahkan Bantuan 24 Tandon Air Untuk 8 Kecamatan

0 51
Tangki penampungan air untuk 8 Kecamatan segera didropin
Tangki penampungan air untuk 8 Kecamatan segera didropin

infowonogiri.com – WONOGIRI – Kepala Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri akan segera menyerahan bantuan tandon air (torn) untuk kelompok masyarakat di delapan wilayah Kecamatan di Kabupaten Wonogiri, utamanya bagian selatan.

Adalah Kecamatan Giriwoyo, Nguntoronadi, Batuwarno, Eromoko, Manyaran, Paranggupito, Pracimantoro dan Giritontro. Jumlah bantuan ada sebanyak 24 unit. Bantuan tersebut untuk dimanfaatkan sebagai menampung air bersih.

“Tandon air ini bantuan dari Pemerintah Pusat. Akan kita serahkan dalam waktu dekat ini. Kita ajukan 200 unit tapi baru diberi 24 unit,” kata Kepala BPBD M. Ainur Ridho, Senin (25/11) kemarin. Bantuan tersebut dari Dana Siap Pakai (DSP) anggaran Pemerintah Pusat.

Sekretaris BPBD Sundoro menjelaskan, tandon tersebut dapat menampung 1100 liter. Pertandon senilai Rp.1,5 juta. Selama ini, masyarakat di wilayah krisis air mengangkut air bersih dari mobil tangki menggunakan jerigen. Sehingga dibutuhkan waktu lama untuk mendistribusikannya.

Karena itu, harapannya, jika sudah ada tandon air, maka droping bantuan air bersih ditampung di torn yang ada di masing masing Desa. Kemudian masyarakat tinggal mengambil dari torn penampungan.

Sementara itu, terkait pencanangan darurat bencana dan kekeringan air bersih di kantor BPBD Wonogiri sudah tersedia logistik, sembako, air mineral, sarden, selimut, terpal, seragam sekolah, sofetake, tikar, alat dapur, dan obat obatan.[Bagus]

error: Content is protected !!