TMMD KE-91 Sengkuyung Tahap II Over Prestasi

0 45
penutupan TMMD di Desa Girmulyo Kecamatan Jatipurno
penutupan TMMD di Desa Girmulyo Kecamatan Jatipurno

infowonogiri.com – JATIPURNO-   Berbagai potensi dan kekayaan alam Jawa Tengah harus didayagunakan seoptimal mungkin supaya Jawa Tengah ini berdikari dan tidak tergantung bantuan dari daerah lain. Kemandirian menjadi kata kuncinya, yaitu dengan mendorong penguatan ekonomi kawasan perdesaan.

“Pembangunan kedaulatan pangan menjadi prioritas untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran,” kata Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH dalam teks sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Wonogiir H. Danar Rahmanto menutup TMMD Reguler 91 Sengkuyung Tahap II di desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Selasa (29/10).

Kegiatan TMMD yang diprakasai Kodam/IV Diponegoro ini dilaksanakan secara serentak di 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah dari tanggal 9-29 Oktober 2013. Kegiatan TMMD ini dinilai Gubernur sangat membantu pemerintah dalam bidang pembangunan sarana dan prasarana. “Dalam pelaksanaannya selalu diawali dengan sisten bottom up planning, sehingga sesuai target sasaran, bahkan over prestasi. Baik itu pembangunan fisik maupun non fisik semuanya langsung menyentuh kepentingan masyarakat,” imbuh Gubernur.

Sementara kegiatan TMMD di Wonogiri pembangunan fisik dan non fisik mencapai 100% dalam masa kerja 21 hari. Pembangunan talud berukuran panjang 20 meter x tinggi 4 meter x tebal 0.30 meter dan panjang 43 meter  x tinggi 3.5 meter x tebal 0.30 meter berhasil diselesaikan. Juga rehab 1 unit masjid desa, pembangunan 1 unit pos kampling, serta peningkatan kualitas perumahan bagi KK miskin sebanyak 10 unit.

TMMD di Wonogiri melibatkan 142 orang personel, yakni 40 anggota Kodim 0728/Wonogiri, 5 anggota Polres Wonogiri, 10 PNS Pemkab, 7 perangkat desa, 10 Linmas, 5 Ormas, dan 65 orang masyarakat. Dana berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah dan APBD Kabupaten Wonogiri sejumlah Rp 250.500.000 serta dana swadaya masyarakat sebesar Rp 8.616.510.  Kegiatan TMMD bermanfaat dalam memperlancar sarana transportasi masyarakat dan fasilitas umum lainnya. Air terjun watu jadah dan kedung pelangi yang ada di desa tersebut aksesnya menjadi mudah dijangkau.[N420]

error: Content is protected !!