Sumur Ajaib Di Pracimantoro

0 72
Sumur Ajaib ditunggui pemiliknya Misran Hadi Sunarto
Sumur Ajaib ditunggui pemiliknya Misran Hadi Sunarto

infowonogiri.com – PRACIMANTORO – Pertengki air ia menjual seharga Rp.10 ribu. Sebagai pebandingan air produksi PDAM Giritirta Sari Wonogiri Rp.1900/kubik. Air tersebut dijual ke penduduk di wilayah Kecamatan Giritontro dan Paranggupito. Misran tidak menjual sendiri. Mereka yang berjualan adalah, pemilik mobil tangki di daerah sekitar Pracimantoro dan Giritontro.

Pertangki dijual seharga antara Rp.80.000, Rp.120.000, sampai Rp.150.000, tergantung jarak tempuh alamat pembeli air. Saat wartawan INFOWONOGIRI berkunjung ke “Kios Tirto Rahino” sedang bekerja di kiosnya. Dia ditemani anak perempuannya. “Ya gak mesti, namanya jualan. Kadang 100 tengki kadang kurang. Kemarin 103 tangki. Kemarinnya 96 tengki,” katanya.

Dalam sehari, rata rata Misran bisa mengumpulkan uang Rp.800 ribu, Rp.900 ribu sampai dengan Rp.1 juta. Untuk biaya operasional sehari Rp.300 ribu. Yaitu untuk membeli BBM premium 30 liter, untuk konsumsi makan minum dan rokok Rp.50 ribu, untuk membayar karyawan Rp.50 ribu. Karyawannya tidak lain adalah anak perempuannya sendiri.

Dalam sehari Misran bisa membawa pulang ke rumah Rp.400 ribu hingga Rp.500 ribu, bersih. Kini Misran telah memiliki dua sumur. Sumur yang baru miliknya adalah sumur bor. Sumbernya pun cukup melimpah. Sumur bor ini dimaksudkan untuk stok, jika sewaktu-waktu, sumur tradisionalnya kehabisan stok.

Rahino menceritakan, sebelumnya ia adalah pedagang kayu. Setelah usahanya bangkrut, kemudian ia memutar otak dan sering prihatin. Berdoa kepada Allah Swt. Hasilnya ia menemukan ide menggali sumur tradisional. Kemudian membangun bak penampungan. Pertama kali dilakukan tiga tahun silam, di pekarangan orang. Namun kerjasamanya berakhir.

Kemudian Misran pindah ke pekarangan sendiri, hingga hari ini. “Kami tidak menjual mahal air saya. Karena saya juga mempunyai tujuan ingin membantu masyarakat yang kekurangan air karena kemarau panjang, setiap tahun di Wonogiri bagian selatan,” katanya.[Bagus]

error: Content is protected !!