Sekeluarga Menjadi Rutin Donor Darah Karena Janji Jika Sakitnya Sembuh

0 22
Keluarga Sapto Margo warga Selogiri Wonogiri
Keluarga Sapto Margo warga Selogiri Wonogiri

infowonogiri.com-SELOGIRI – Warga Dusun Singodutan RT 03 RW 01 Kelurahan Singodutan ini patut diteladani. Demi membantu dan meringankan sesama, secara rutin setiap tiga bulan sekali selalu mendonorkan darahnya ke Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Wonogiri. Adalah keluarga Sapto Margono, Sri Bayuwati, anak-anak dan Retno Widiyaningsih.

 

 

Donor darah berawal dari kisah istri Sapto, Ny Sri Bayuwati yang menderita sakit sampai harus melakukan transfusi dengan segera. Secara kebetulan juga saat itu stok darah di UTD PMI Kabupaten Wonogiri sedang kosong. Keluaga waktu itu sempat bingung dan kalut. Setelah berusaha akhirnya mendapatkan pendonor dari kerabatnya.

 

 

Dari kisah itulah keluarga Sapto Margono tergugah. Utamanya sang Ny Saptono yang berkeinginan bila sembuh dari sakit akan selalu mendonorkan darahnya secara rutin. Rupanya setelah melakukan secara rutin tiap tiga bulan sekali Ny Sapto Margo tidak pernah mengalami sakit lagi. Pada akhirnya seluruh anggota keluarga ini rutin mendonorkan darah.

 

 

Berdasarkan catatan kartu anggota pendonor keluarga Sapto rata rata 50 kali donor. Sapto Margono 52 kali, Sri Bayuwati (54), Retno (58), Doni (50), Rio (41) dan Nency (53). Atas jasa sebagai pendonor darah, keluarga Sapto Margo pernah beberapa kali menerima penghargaan. Antara lain dari PMI Wonogiri, Bupati, sampai Piagam Penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah.

 

 

“Kami melakukan donor darah sekeluarga tidak semata-mata untuk mencari penghargaan. Yang utama adalah demi kesehatan sekeluarga kami. Karena dengan mendonorkan darah secara rutin tiap tiga bulan sekali kondisi kesehatan keluaga kami malah selalu terjaga. Bias dibilang tidak pernah sakit,” kata Retno Widyaningsih (30) menantu Sapto Margono. (djarot)

error: Content is protected !!