Penutupan Dam Colo Harga Mati, Petani Harus Kreatif

0 91

Salah satu pintu air Dam Colo yang telah ditutup. Belasan anak dan remaja berburu ikan yang terjebak di bawah pintu Dam Colo.
Salah satu pintu air Dam Colo yang telah ditutup. Belasan anak dan remaja berburu ikan yang terjebak di bawah pintu Dam Colo.

infowonogiri.com – SELOGIRI – Penutupan pintu air Dam Colo merupakan harga mati. Tidak lagi bisa ditawar-tawar, apalagi dimundurkan dari tanggal 9 Oktober mendatang.


Hal tersebut dikemukakan oleh Kasubag Keuangan dan Umum Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Joko Sukoco yang merangkap sebagai Humas BBWSBS, Senin (7/10).

“Ini agenda rutin tahunan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Tanggal tersebut (9/10) sudah mundur dari jaduwal semula. Sesuai jaduwal semestinya penutupan pintu air Dam Colo mulai tanggal 1 s/d 31 Oktober ini,” katanya.

Rencana penutupan akan dilaksanakan pada Rabu (9/10) sampai Sabtu (9/11) mendatang. Tujuan penutupan pintu air Dam Colo adalah dalam rangka pemeliharaan jaringan irigasi di bawah Dam Colo dan perbaikan pintu air.

Sebab hanya dengan ditutuplah dapat diketahui secara teknis, apakah pintu air dam colo rusak atau tidak. Misalnya pintu terjepit. Terjadinya pendangkalan sedimentasi lumpur dan sampah sekitar pintu air, serta jaringan irigasi, dan badan/tanggul irigasi.

Penutupan pintu air Dam Colo ini juga dalam rangka persiapan menghadapi masa tanam berikutnya pada musim hujan pertama. Penutupan pintu air Dam Colo dilakukan rutin setiap tahun pada bulan Oktober karena, bulan tersebut puncaknya musim kemarau.

Seperti diberitakan, paguyuban Gapoktan Sri Rejeki Selogiri mengharapkan penutupan pintu air Dam Colo ditunda sampai tanggal 20 Oktober mendatang. Alasannya petani masih sangat membutuhkan air untuk mengairi sawah mereka. Paling tidak tanaman padinya masih membutuhkan dua kali oncoran air lagi.

Mereka was was, jika tetap dilakukan penutupan pada 9 Oktober mereka khawatir terjadi puso (gagal panen), yang ujung ujungnya petani merugi hingga Rp.5 milyar.[Bagus]

error: Content is protected !!