NKRI Membutuhkan Tentara Cadangan atau Tentara Sukarelawan

0 48

menhan Poernomo Yusgiantoro
menhan Poernomo Yusgiantoro

infowonogiri.com-WONOGIRI KOTA – Wacana wajib militer bagi penduduk Indonesia yang berstatus mahasiswa dan pelajar, yang pernah dibicarakan oleh pemerintah, dipastikan tidak akan dilaksanakan oleh Pemerintah RI.

Hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Poernomo Yusgiantoro, Senin (21/10) di Musium Keris Indonesia “Songgo Langit” Jl A Yani 41 Wonogiri.

Menurutnya kini yang telah disetujui pemerintah adalah, membangun tentara cadangan atau tentara sukarela.”Tidak ada wajib militer bagi rakyat Indonesia. Sebagai gantinya, dibutuhkan Tentara cadangan dan atau tentara sukarela,” kata Menhan.

Komponen tentara cadangan atau sukarela ini, sementara-diambilkan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dibawah Kementrian Pertahanan (Menhan) RI.

Jumlahnya tahap pertama 1000 orang, dan maksimal 2000 orang. Tugas tentara cadangan ini adalah untuk diperbantukan pada insiden bencana alam regional maupun nasional. Seperti banjir, gunung merapi meletus, dan lan lain. Mereka dikenai wajib militer setelah menandatangani kontrak kerja dengan Kemenhan RI.

“Jadi, bencana alam itu bukan tugas TNI yang sesungguhnya. TNI bertugas untuk mempertahankan negara. Bukan ditugaskan untuk mengatasi bencana alam. Cuma kita belum punya tentara cadangan atau sukarela, maka tentara kita ditugaskan membantu bencana alam,” pungkasnya.[Bagus]

error: Content is protected !!