Komisi V DPR RI Akan Tegur Bupati Wonogiri

0 66
Mangara M Siahaan Anggota Komisi V DPR RI
Mangara M Siahaan Anggota Komisi V DPR RI

infowonogiri.com – WONOGIRI – Namanya Mangara M Siahaan. Dia adalah anggota Fraksi PDI-Perjuangan Komisi V DPR RI. Komisi ini membidangi pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana umum. Antara lain pembangunan jalan, jembatan, saluran irigasi, saluran air, sungai, waduk, bengawan, dam, embung, dan lain lain yang berkaitan fisik.  

Mangara M Siahaan beberapa waktu yang lalu berkunjung ke Wonogiri. Dalam kunjungannya, ia mendapatkan laporan dari sejumlah perangkat desa dan tokoh masyarakat terkait di wilayah Wonogiri bagian selatan dan timur. Intinya, di Wonogiri bagian selatan, pembangunan infrastruktur sangat tertinggal dibandingakan dengan Kabupaten/Kota yang lain.

Hal yang membuat Mangara prihatin adalah soal krisis air bersih di wilayah Wonogiri Selatan. Yaitu di enam kecamatan, di Eromoko, Pracimantoro, Giriwoyo, Giritontro dan Paranggupito. Dan ternyata krisis air tersebut telah berlangsung puluhan tahun, dan tidak pernah ada soslusi permanen.

“Bupati Wonogiri layak bertanggungjawab menyusul krisis air yang semakin parah. Bupati Danar akan saya tegur. Dia seharusnya memikirkan bagaimana tahun depan tidak ada lagi krisis air ketika kemarau datang,” kata orang Batak Karo ini, lantang. Menurutnya, pemerintah telah menganggarkan untuk pembangunan sarana air bersih.

Tetapi jika tidak ada permohonan (proposal) ke komisi V dari Wonogiri, maka dana tersebut akan mengalir ke kabupaten/kota yang mengajukan permohonan. Kalau tidak ada permintaan daerah, dianggap daerah tersebut tidak memerlukan. “Bagaimana kami yang duduk di komisi V tahu, kalau di Wonogiri krisis air seperti ini,” tandasnya.

Mangara berharap, Bupati Wonogiri segera mengajukan permohonan ke pemerintah pusat, untuk mengatasi kekeringan di wilayahnya. “Kami yang akan membantu, kami yang menandatanganinya. Segera, jangan tinggal diam,” pungkasnya.[Bagus]

error: Content is protected !!