Kesbangpolinmas Turunkan Paksa Atribut Parpol dan Caleg Bandel

0 58
Tim Datpol PP usai mengekskusi atribut Parpol dan Caleg yang terpasang melanggar aturan, dan seusai mengamankan baliho Bupati-Wakil Bupati
Tim Datpol PP usai mengekskusi atribut Parpol dan Caleg yang terpasang melanggar aturan, dan seusai mengamankan baliho Bupati-Wakil Bupati

infowonogiri.com – WONOGIRI – Kesbangpolinmas menurunkan paksa atribut partai politik (Parpol) dan calon anggota legislatif yang terpasang melanggar aturan, Senin (7/10) di Wonogiri Kota, antara lain di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Jl A Yani, Jl RM Said, Jl Diponegoro, Jl Pemuda I dan Jl Pemuda II.

Hasilnya, spanduk Partai Hanura (1 spanduk), Partai Golkar (1 Baliho). Satu spanduk Caleg PDI-Perjuangan yang terpasang di Kretegbang. Kemudian Bendera PKS (1), bendera Nasdem (2), PAN (5), bendera PPP (7). Ada juga poster Caleg DPR RI Dapil 4 Jateng PKS Hamid Noor Yasin.

“Kita pro aktif, bilang dulu ke Parpol sebelun kami turunkan. Untuk Baliho punya pak Hamid mau diturunkan sendiri. Alasan masih kordinasi dengan pihak ke tiga,” ujar Sulardi Kabid Poldagri Bakesbangpolinmas Kabupaten Wonogiri.

Dijelaskan, tim ekskusi terdiri dari anggota Kesbangpolinmas, Satpol PP dan Panwas Kabupaten. “Pemasangan atribut Parpol, boleh dipasang namun harus sesuai aturan,” tanya Sulardi. Misalnya untuk spanduk Caleg tidak boleh dipasang melintang jalan, baliho caleg tidak boleh dipasang, bagi Caleg yang sudah terlanjur terpasang harus diturunkan. Bendera atau poster tidak boleh dipasang dengan cara memaku di pohon turus jalan.

Spanduk dan poster iklan produk rencana juga akan diturunkan paksa. Untuk itu tim masih berkordinasi dengan DPPKAD. Untuk selanjutnya, pemasangan atribut Parpol telag diatur sesuai PKPU Nomor 15 tahun 2013, tentang pemasangan atribut Parpol.

Sementara itu, Baliho Bupati-Wakil Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto dan Yuli Handoko SE, yang terpasang di Jl Kabupaten kawasan alun alun Giri Krida Bhakti ambruk. Penyebabnya karena konstruksi yang digunakan taklagi mampu menahan beban dan terpaan angin kencang. Kemudian oleh Satpol PP, Baliho tersebut dibongkar dan diamankan ke Kantor Satpol PP.[Bagus]

error: Content is protected !!