Kepala Sekolah Visioner SMA N 1 Sidoharjo

0 53
Rahmat Kasek SMAN 1 Sidoharjo Wonogiri
Rahmat Kasek SMAN 1 Sidoharjo Wonogiri

infowonogiri.com – SIDOHARJO – Keberadaan sekolah menengah kejuruan (SMK) di beberapa daerah cukup mampu menarik perhatian peserta didik baru. Termasuk lembaga SMK di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Secara perlahan-lahan ketertarikan peserta didik baru terhadap SMK mempengaruhi penurunan jumlah peserta didik baru di sekolah menengah atas negeri (SMA). Salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan eksistensi SMA agar tetap diminati peserta didik baru, maka kepala sekolah dan guru harus kreatif.

Kasek SMAN 1 Sidoharjo mempunyai program visioner yang berimplikasi positif pada jangka panjang. Adalah Drs. H Rahmat MPd.I.

Ditemui, Kamis (10/10) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kasek SMAN 1 Sidoharjo ini membeberkan lima program unggulan di luar kurikulum SMA. Yaitu Program Hafalan Kitab Suci Al Quran 10 jus bagi siswa-siswi muslim/mah SMAN 1 Sidoharjo. Program ini dipilih karena bagi lulusan SMA yang mampu menghapal 10 jus dipermudah masuk perguruan tinggi negeri tampa tes. Ini juga sebagai bentuk apresiasi dari Kementrian Pendidikan RI.

Program kedua adalah BKK (bursa kerja khusus). Program ketiga kursus “Boga” di Restoran Pringsewu, keempat Pendidikan Pramugara-pramugari dan kelima magang kerja dengan Lembaga Pendidikan Eka Mulya Semarang yang telah terakreditasi legalitasnya di bawah Diperindagkop Provinsi Jateng.

“Bagi lulusan SMAN 1 Sidoharjo yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, insya Allah bisa diterima bekerja setelah mengikuti program kami, dan magang kerja 20 hari,” ujar Rahmat ustadz yang bertempat tinggal di Jl. Kapten Tendean 46 A  RT 03 RW 05 Wonokarto Wonogiri ini.

Pria asal Banyumas adalah alumni S2 UII. Memulai karir sebagai guru sejak Maret 1983. Kemudian menduduki jabatan sebagai Wakasek Kesiswaan SMAN 2 Wonogiri Kota, dan kini menjadi Kasek SMAN1 Sidoharjo sejak 19 September 2012.

“Kini mulai banyak yang tertarik dengan program di SMAN 1 Sidoharjo. Insya program ini adalah yang pertama untuk SMA se Wonogiri,” kata pria yang sering menjadi penceramah ini.[Bagus]

 

error: Content is protected !!