Dana 250 Juta Segera Terkucur Ke 11 Desa Di Kecamatan Selogiri

1 46

sosialisasi p4

infowonogiri.com – SELOGIRI – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dilakukan oleh pemerintah pada 22 Juni 2013 lalu, maka subsidi BBM beralih alokasi sasaran. Kini pemerintah menyelenggarakan kompensasi kepada masyarakat melalui Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PU) dalam bentuk 3 (tiga) program.

3 Program Kementerian PU antara lain: 1. P4-IP (Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan – Infrastruktur Permukiman), 2. P4-SPAM (Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan – Sistem Penyediaan Air Minum), 3. P4-ISDA ( Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan – Infrastruktur Sumber Daya Air).

Kabupaten Wonogiri di akhir tahun 2013 ini akan tersentuh program P4-IP sebanyak 16 titik, 5 titik di kecamatan kota Wonogiri dan 11 titik di kecamatan Selogiri yang masing-masing titik akan menerima kucuran dana P4-IP sama yaitu sebesar Rp. 250.000.000,00 (Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah). 11 titik di kecamatan Selogiri terdiri dari 10 desa dan 1 kelurahan, demikian yang diungkap oleh Aris Driyanto (Fasilitator Kabupaten Wonogiri) dalam acara “Sosialisasi Program P4-IP di Perkotaan” yang digelar di balai desa Nambangan kemarin Jum’at (11/10/2013).

Sosialisasi P4-IP dihadiri oleh semua perangkat desa dan seluruh ketua RT di desa Nambangan. Acara sosialisasi P4-IP dibuka oleh Sri Rahayu (Sekretaris BKM Mulyo), sambutan Koordinator BKM Mulyo (Prapto), sambutan Kepala Desa Nambangan (Suparno), dan inti acara sosialisasi P4-IP oleh Fasilitator Kabupaten Wonogiri (Aris Driyanto). “Kucuran dana P4-IP sebesar 250 juta akan turun tiga tahap; tahap I sebesar 40%, tahap II sebesar 30%, tahap III sebesar 30%. 250 juta tersebut harus bisa terserap semua guna pembangunan infrastruktur dengan batas waktu 15 Desember 2013. Apabila setelah 15 Desember 2013 masih ada dana yang belum terserap, maka sisa dana akan diambil kembali masuk kas negara,” ungkap Aris Driyanto.

Hasil sosialisasi P4-IP ini, kini BKM Mulyo Desa Nambangan bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat (Kadus, RT, LSM, Tokoh Masyarakat) harus segera menyusun kerja pemanfaatan P4-IP dengan melihat “Review PJM dan Renta Pronangkis” untuk menentukan prioritas pembangunan infrastruktur di wilayah desa Nambangan. Semoga program ini -benar bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat. [Agus]

error: Content is protected !!