Camat Ngadirojo Dimutasi Sebagai Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah

0 89
Bupati Wonogiri menandatangani berita acara mutasi jabatan disaksikan MA Ridho sebagai Kepala BPBD Wonogiri
Bupati Wonogiri menandatangani berita acara mutasi jabatan disaksikan MA Ridho sebagai Kepala BPBD Wonogiri

infowonogiri.com – WONOGIRI – Camat Ngadirojo Drs. Muhamad Ainur Ridho kini menduduki jabatan baru sebagai Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri.

Ridho dilantik bersamaan dengan dilaksanakannya Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 132 pejabat di Lingkungan Pemkab Wonogiri, Kamis (10/10) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Ridho dibantu oleh Sri Sundoro, S.Sos M.Si yang menduduki jabatan baru sebagai Kepala Sekretariat dan Ristanto S.Sos Msi, sebagai Kasie Pencegahan dan Kesiagaan  Penanggulangan Bencana, dan Joko Suparno S.Sos MM sebagai Kasie Kedaruratan dan Logistik serta Dwi Listyo Nugroho, ST sebagai Kasie Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Sesuai Perda Nomor 24 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Wonogiri disebutkan bahwa Organisasi BPBD merupakan unsur pendukung tugas Bupati dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah di bidang penanggulangan bencana yang dipimpin oleh seorang Kepala di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati.

Susunan Organisasi BPBD terdiri dari, Kepala, Unsur Pengarah dan Unsur Pelaksana. Kepala dimaksud secara ex-Officio dijabat oleh Sekretaris Daerah, sedangkan unsur pengarah terdiri dari Pejabat Pemerintah Daerah terkait dan Anggota masyarakat Profesional, dan Unsur Pelaksana yang terdiri dari Kepala Pelaksana, Sekretariat, Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Seksi Kedaruratan dan Logistik, Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Unsur Pelaksana bertugas melaksanakan penanggulangan bencana secara terintegrasi meliputi pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana.[Bagus]

error: Content is protected !!