Bupati Berjanji Akan Perhatikan Bendahara Barang di Setiap SKPD

0 35
Bupati Danar Rahmanto
Bupati Danar Rahmanto

infowonogiri.com – WONOGIRI – Pemegang Jabatan Fungsional Umum Bendahara Barang di setiap SKPD kini memegang peranan penting dalam mewujudkan Pemkab Wonogiri dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Predikat WTP ini merupakan predikat nasional yang dikeluarkan oleh BPK kepada Pemerintah Daerah yang telah berhasil menyajikan secara wajar laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Memperoleh predikat WTP menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan pemerintah daerah telah dinyatakan bersih, transparan dan akuntabel.Hal ini sejalan dengan misi pertama Pemkab Wonogiri yaitu meningkatkan profesionalitas kelembagaan dan aparatur pemerintah Kabupaten Wonogiri
dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan yang transparan (prinsip transparancy), akuntabel (prinsip accountability), responsibel (prinsip responsibility) dan adil (prinsip fairness).

Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto berharap para Bendahara Barang dapat bekerja secara professional seperti halnya Bendahara Keuangan. Hal ini disampaikan saat menutup Acara Diklat Teknis Manajemen Asset/Barang Daerah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (8/10).

“Ada pendapat bahwa pengelola barang adalah satuan kerja yang tidak bermanfaat, bendahara barang tampak berbeda jauh dengan bendahara penerimaan atau pengeluaran uang, padahal kita mempunyai asset lebih dari 3 triliyun. Asset besar ini kurang mendapatkankan perhatian, akibatnya kita gagal meraih WTP,” terang Bupati.

Mengingat pentingnya keberadaan Bendahara Barang, Bupati berkomitment akan memperhatikan kesejahteraan Bendahara Barang agar dapat bekerja dengan professional dalam mengelola asetnya.[Yuni]

error: Content is protected !!