Berharap Penambahan Alokasi PKH Untuk 3 Kecamatan Di Tahun 2014

0 49
Rrumah mbah Surip yang tidak layak huni mendapatkan bantuan dari Kemensos
Rrumah mbah Surip yang tidak layak huni mendapatkan bantuan dari Kemensos

infowonogiri.com – JATIROTO – Bupati Wonogiri, H. Danar Rahmanto berharap ada penambahan alokasi dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 3 dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri pada tahun 2014 mendatang.

Hal itu disampaikan saat menyambut kehadiran Menteri Sosial Dr. Salim Segaf Al Jufri, MA bersama rombongan di Lapangan Dusun Duwet Desa Psido Kecamatan Jatiroto Wonogiri dalam rangka kegiatan Bedah Kampung, Sabtu (19/10) kemarin.

Adalah Kecamatan Pracimantoro yang memiliki 2.532 Kepala Keluarga (KK) Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), Karang Tengah (665 KK RTSM) dan Batuwarno (1.554 KK RTSM). Ketiga kecamatan tersebut belum mendapatkan alokasi PKH pada tahun ini.

Selain bantuan PKH, Bupati juga berharap adanya realisasi bantuan Mobil Rescue Tactical Unit (RTU) dan Dapur Umum Lapangan (Dumlap) yang sejak tahun 2011 hingga tahun ini belum juga terealisasi.

Bupati menyadari, dana APBD Kabupaten untuk menangani PMKS relatif kecil, sebesar Rp 2.628.350.000,- atau 0,173% dari total APBD Wonogiri Tahun 2013. Sementara berdasarkan data dari Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri menunjukkan bahwa jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) pada awal tahun 2013 sejumlah 267.512 jiwa yang terdiri dari 83.966 KK dan tersebar di 25 kecamatan.

Permasalahan PMKS tersebut meliputi kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, korban bencana dan korban tindak kekerasan yang memerlukan penanganan serius dan melibatkan berbagai pihak.

“Selama 3 tahun terakhir ini, PMKS yang telah mendapat pelayanan penanganan dari dana APBD baru sejumlah 26.938 jiwa/KK  atau 8% dari keseluruhan PMKS yang ada, oleh karena itu dibutuhkan upaya bersama dari semua pihak, untuk pembangunan yang lebih kuat dan lebih efektif,” terangnya.

Kehadiran Kemensos RI dalam rangka Bedah Kampung ini memberikan angin segar bagi masyarakat miskin di Jatiroto untuk bangkit dari kemiskinan. Bupati berharap bantuan sejumlah Rp 1.862.800.000,- ini akan dapat mengurangi angka PMKS di Wonogiri.[n420]

error: Content is protected !!