Wonogiri Menuju WTP, Gelar Diklat Teknis Manajemen Aset

0 31
Upacara Pembukan Diklat Teknis Manajemen Aset
Upacara Pembukan Diklat Teknis Manajemen Aset

infowonogiri.com-WONOGIRI-Dalam upaya meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui BKD Wonogiri menggelar Diklat Teknis Manajemen Aset/Barang Daerah selama 12 hari di UPT SKB dan Gedung PAY Muhammadiyah Wonogiri.

Diklat dimulai Senin (23/9) sampai 8 Oktober mendatang. Dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah, Drs. Suharno, M.Pd di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Suharno mengemukakan tujuan diklat ini untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan ketrampilan peserta agar mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar dalam rangka tertib administrasi di bidang pengelolaan aset daerah.

Sekda Wonogiri menyadari bahwa untuk meraih Predikat WTP merupakan hal yang sangat berat, dikarenakan penghitungan asset atau barang yang dimiliki Pemkab Wonogiri belum sesuai dengan apa yang diharapkan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Ditambah lagi dengan adanya reformasi di bidang pengelolaan aset yang bergerak begitu cepat, ini menuntut para pimpinan SKPD dan perangkat struktur pengelola aset di tingkat SKPD harus segera merubah mindset dan pola kerja konvensional menuju paradigma kerja modern, cerdas, efisien dan akuntabel,” jelasnya.

Diklat ini dianggap penting dan mendesak karena keberhasilan pengelolaan aset berarti pintu masuk meraih predikat WTP. Budi Santoso, M.Si, Kabid Diklat Teknis Badan Diklat Propinsi Jateng menerangkan bahwa selama ini terjadi banyak keteledoran pengelolaan fisik dan administrasi aset-aset milik negara sehingga keteledoran ini dimanfaatkan oleh pihak lain yang berkepentingan.

“Misalnya penyerobotan tanah milik daerah. Aset menjadi sumber pendapatan daerah,” terangnya. Maka perlu segera dilakukan pengelolaan aset secara profesional. Diklat diikuti oleh 80 orang. Menghadirkan dosen UNS dan pejabat struktural terkait.[Bagus]

error: Content is protected !!