Sidang Gugatan Terhadap Bupati Terus Berlanjut

0 48
Pemeriksaan saksi saksi enam Kepala SD sidang kasus gugatan terhadap Bupati Wonogiri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kasubdin TK/SD/MI Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, di Kantor Pengadilan Negeri Wonogiri
Pemeriksaan saksi saksi enam Kepala SD sidang kasus gugatan terhadap Bupati Wonogiri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kasubdin TK/SD/MI Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, di Kantor Pengadilan Negeri Wonogiri

infowonogiri.com -WONOGIRI – Sidang gugatan yang dilayangkan Direktur CV Sarana Utama Surya Ardiansyah Arifin, terhadap Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto terus bergulir. Bupati H Danar Rahmanto adalah tergugat I, Kepala Dinas Pendidikan H. Siswanto sebagai tergugat II, dan Sri Mulyati Kasubdin TK/SD/MI sebagai tergugat III.

Agenda sidang Selasa (10/9) pemeriksaan enam saksi yang dihadirkan oleh pihak terugagat. Adalah Satiyo pegawai Kantor Dinas Pendidikan Wonogiri, Slamet (Selogiri), Sulistiyati (Jatisrono), Sugiyo (Manyaran), Sutarwo (Jatipurno), dan Purwanto (Selogiri), masing masing adalah guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah (Kasek).

Para kasek tersebut adalah sebagian penerima proyek pengadaan mebeller untuk perpustakaan dan mebeller ruang kelas baru (RKB) untuk 115 SD. Pagu anggaran sekira Rp.1,2 Milyar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN. Pemenang lelang Surya Ardiansyah Arifin Direktur CV Sarana Utama, dengan nilai sekira Rp.950 juta.

Sidang dipimpin oleh Hera Kartiningsih selaku Ketua Majlis, dibantu dua hakim anggota Hendra Utama Sotardodo dan Brelly Yuniar Dien Wardi Haskori. Pihak penggugat diwakili oleh penasehat hukumnya, Marthem Toelele SH MH. Sedangkan tergugat menguasakan kepada Wiyanto SH MH, selaku Kasubag Dokumentasi dan Bantuan Hukum Setda Pemda Wonogiri.

Satiyo salah satu saksi, membenarkan pihaknya sebagai salah satu Kasek penerima paket mebeller perpustakaan dan mebeller RKB. Menurutnya barang yang diterima dari CV Sarana Utama Surya tidak sesuai spesifikasi, dan barang yang dikirim telah melampaui batas kontrak kerja.

Sementara keterangan lima saksi yang lain belum diketahui. Sidang dimulai pukul 11.50 WIB sampai pukul 15.00 WIB baru memeriksa satu saksi. Pemeriksaan saksi berlanjut sampai pukul 16.40 Wib belum kelar.

Seperti diberitakan sebelumnya , Bupati H. Danar Rahmanto digugat untuk membayar sekira Rp.970 juta oleh penggugat yang beralamat di Jl Kepudang 112 Salatiga. Versi ayah kandung penggugat, yakni Zainal Arifin, pihak tergugat wajib membayar uang sekira Rp.950 Juta. Karena anaknya telah mengerjakan dan mengirimkan barang pada proyek Dinas Pendidikan Wonogiri.

Sementara pihak tergugat tidak berkenan membayarkan uang seperti tuntutan penggugat. Alasannya karena proyek yang dikerjakan oleh penggugat tidak sesuai spek dan menyalahi perjanjian kontrak kerja. Selain itu, pihak tergugat ingin menyelamatkan uang negara.

Proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) 2012 terdapat dua kegiatan pengadaan mebeller perpustakaan dan mebeller ruang kelas baru (RKB) untuk 115 SD. Anggaran Rp.1,2 Milyar dari APBN. CV Sarana Utama dinyatakan sebagai pemenang wajib melaksanakan kegiatan. Paket pertama untuk 115 SD kurun waktu 60 hari. Jatuh tempo 21 Oktober 2012. Paket kedua, waktu 45 hari, jatuh tempo 6 Oktober 2012.

Sampai jatuh tempo, CV Sarana Utama tidak mampu melaksanakan pekerjaan. Paket pertama hanya mengirimkan barang ke 19 SD. Ke 19 barang yang dikirim terindikasi tidak sesuai spek. Meja, kursi, almari dan lain lain yang dikirim kondisinya bubukan/thothoran. Bahan tidak lurus dan kualitas buruk. Bahkan paket kedua sama sekali belum mengirimkan barang.[Bagus]

error: Content is protected !!