Petani Selogiri Panen Semangka Inul

0 76
Petani Selogiri panen Semangka merah dan kuning
Petani Selogiri panen Semangka merah dan kuning

infowonogiri.com – SELOGIRI – Sebagian petani di wilayah Kaliancar dan Singodutan Kecamatan Selogiri, sedang berbahagia. Hususnya para petani yang menanam buah buahan, seperti buah semangka, buah melon, buah garbis atau yang lainnya.

Senin (23/9) adalah hari terakhir memanen buah semangka. Hasil panennya bisa dibilang melimpah. Seperti yang dikemukakan oleh Yati (35) dan adiknya, Ima (23) keduanya warga Garon Desa Kaliancar Kecamatan Selogiri.

Ima menuturkan, pada hari ke enamnya, kemarin, ia bersama keluarganya memanen buah semangka sebanyak 7 ton buah semangka. Sedangkan sehari sebelumnya telah memanen 9 ton buah semangka. khususnya untuk semangka merah.

Semangka super Selogiri telah panen
Semangka super Selogiri telah panen

Semangka tersebut langsung dibeli oleh pengusaha asal Jakarta. Perkilonya Yati dan Ima menjual Rp.2000,-. “Istilahnya kita jual grosir ke orang Jakarta. Perkilo Rp.2000,-,” kata Ima didampingi suaminya, Soni dan Agus suami dari Yati.

Total terhitung Yati dan Ima menerima dua kali yakni Rp.18 juta dari menjual 9 ton semangka dan Rp.14 juta dari menjual 7 ton semangka. Yati dan Ima memiliki lahan seluas 3 bahu di  Kaliancar dan Singodutan Kecamatan Selogiri.

Mereka menanami semangka biji warna merah dan semangka inul warna kuning. Biaya produksi penanaman untuk lahan seluas 3 bahu itu mengeluarkan modal Rp.16 juta, untuk lahan di Singodutan dan Kaliancar. Termasuk biaya tenaga kerjanya.[Bagus]

error: Content is protected !!