Pasar Tradisional Desa Bakalan Sepi Seperti Mati Suri

0 89
Papan nama Pasar Bakalan Kecamatan Purwantoro
Papan nama Pasar Bakalan Kecamatan Purwantoro

infowonogiri.com – PURWANTORO – Pemerintah Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro memiliki pasar tradisional. Nama pasar itu diberi nama Pasar Bakalan. Karena memang terletak di wilayah Desa Bakalan.

Pasar Bakalan terletak di sisi Selatan wilayah Kecamatan Puhpelem. Kira kira berjarak 3 Km. Dari Kota Kecamatan Purwantoro berjarak sekira 6 KM dari Pendopo Kecamatan Purwantoro. Dari Kota Purwantoro ke arah Timur lalu ke arah Utara.

Pasar Bakalan ini diperkirakan telah berusia puluhan tahun silam. Dulu, menurut cerita dari mulut ke mulu, pasar ini banyak dikunjungi pedagang maupun pembeli, dari Kecamatan Puhpelem, Bulukerto dan Purwantoro.

Riwayatnya, pasar ini pernah menjadi pusat perekonomian penduduk Desa Bakalan dan Desa Kepyar Kecamatan Purwantoro. Namun beberapa tahun belakangan ini, Pasar Bakalan sepi nyenyet. Seperti pada umumnya pasar Tradisional di Desa, di sana, tidak ada fasilitas umum.

Lahan parkir ala kadarnya. Toilet tidak ada. Luas pasar ini kira kira berukuran 7 x 3 M. Pasar ini, dahulu merupakan pasar sayur-mayur hasil pertanian penduduk sekitar. Seiring kemajuan jaman, kini tidak ada lagi pedagang sayur yang berjualan di Pasar Bakalan.

Salah satu penyebabnya, dipekirakan, karena saat ini marak pedagang sayur keliling. Indikasinya, semula pedagang sayur yang pernah berjualan di Pasar Bakalan, kini telah beralih profesi menjadi “Tukang Sayur Keliling”.

Beberapa hari lalu, ketika reporter Portal Berita Wonogiri ke Pasar Bakalan, di sana hanya ada dua pedagang. Yaitu pedagang tempe dan penjual tahu saja. Narsi (46) pemilik warung makan di samping Pasar Bakalan mengatakan memerkirakan, pasar ini sepi sejak 10 tahunan yang lalu.[Rama]

error: Content is protected !!