Merasa belum berbuat baik, forum mantan camat akan membangun Gapura Batas Wilayah Kecamatan Girimarto

0 61
H Sutarman mantan camat Girimarto dihadapan Forum Silaturahmi Mantan Alumni Camat Girimarto
H Sutarman mantan camat Girimarto dihadapan Forum Silaturahmi Mantan Alumni Camat Girimarto

infowonogiri.com – GIRIMARTO – Forum Silaturrahmi Mantan Alumni Camat Girimarto (FSMACG) dan mantan Kepala Desa (Kades) / Kepala Kelurahan (Kalur) se Kecamatan Girimarto terbentuk Sabtu (28/9) di Pendopo Kecamatan Girimarto. FSMACG dan Kades/Kalur se Kecamatan Girimarto ini adalah yang pertama diselenggarakan dan baru ada satu satunya berdiri di se Kabupaten Wonogiri.

H. Budiono mantan Kades Girimarto mengemukakan, bahwa forum ini tampa sengaja terbentuk, kira kira sebulan silam. Diawali pembicaraan antara alumni mantan Camat Girimarto tahun 1976, H. Sutarman dan Camat Girimarto tahun 2013 (saat ini), H. Misrom, akhirnya terbentuk Forum Silaturrahmi Mantan Alumni Camat Girimarto.

Pada forum pertemuan kali pertama Sabtu siang kemarin, dihadiri oleh delapan mantan alumni camat Girimarto berserta ibu mantan camat, dan 19 mantan Kades/Kelurahan berserta istri-istrinya, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Tokoh penting yang hadir adalah Purnawirawan AKBP Sarmo Polairud di Jakarta, asli Girimarto.

Pertemuan FSMACG tidak hanya sekedar berlepas kangen kangenan, tetapi lebih kepada menjalin dan mempererat sillaturahim antar mantan camat dan kepala desa. Tujuan lain adalah forum ini bercita cita membangun Girimarto agar lebih baik dan lebih maju, tampa tendensi politik pragmatis. Sehingga membawa kemaslahatan dan kemajuan bagi masyarakat.

Kemarin masing masing mantan camat girimarto dan kades/kalur diberikan kesempatan untuk menyampaikan suka duka selama menjadi camat setempat, sekaligus diberikan kesempatan menyampaikan saran dan kritik untuk kemajuan pemerintahan Kecamatan saat ini. Hal positif dan disepakati forum ini adalah, akan dibangun Gapura Batas Wilayah Kecamatan Girimarto dengan Kecamatan tetangga.

Di sisi timur berbatasan dengan Kecamatan Jatipurno, di sisi barat berbatasan dengan Ngadirojo dan di sisi selatan berbatasan dengan Sidoharjo. Soal dari mana duitnya, forum ini akan membentuk tim untuk menyusun panitia pembangunan batas kota.

“Ada kata kata mutiara dari Bung Karno Presiden RI pertama, jika penduduk bangsa ini mau meludah bersama sama maka penjajah belanda tenggelam di negeri ini. Artinya bawha pesatuan yag kuat dan kokoh mampu mengusir penjajah belanda,” kata H Sutarman.

Hal yang menarik dan belum pernah diungkapkan H Sutarman adalah, ia pernah ngopeni seorang maling bernama Miko (alm). Pada waktu ia menjadi camat, H Sutarman sering mendapatkan laporan tentang terjadinya pencurian di wilayah Girimarto. Pelakunya diduga Miko.

Dengan pendekatan persuasif, H Sutarman memanggil Miko ke rumah dinas camat. Miko datang dan disuruh makan. Saat itulah ia menasehati agar bertobat tidak melakukan aksi pencurian. Kalaulah terpaksa, jangan mencuri di wilayahnya.

“Suatu ketika Miko datang kembali menemui saya. Orangnya meminta makan, setelah meminta makan dia meminta uang. Setelah saya tanyai untuk apa uangnya? Dia menjawab mau untuk menjembol salah satu sasaran pencurian di salah satu tempat. Anehnya saya juga memberinya uang kepadanya,” tutur Sutarman.

Itulah uneg-uneh H Sutarman yang berlum pernah disampaikan kepada siapapun, dan baru pertama kemarin diceritakan. Pada kesempatan itu, ia menuturkan senadainya saat itu mbah Miko tertangkap polisi dan terbukti, kemudian H Miko menyanyi maka Camat Girimarto pada tahun 1978-an ini pastinya dinyatakan terlibat.[Bagus]

error: Content is protected !!