Membuat Batu Bata, Usaha Yang Menjanjikan

0 109
Pengrajin Bata di Bulukerto
Pengrajin Bata di Bulukerto

infowonogiri.com – BULUKERTO – Membuka lapangan pekerjaan itu tidak mudah. Sadar dengan keadaan seperti itu, banyak orang yang memilih membuka usaha sendiri (wirausaha). Seperti yang dilakukan oleh sebagian penduduk Desa Nadi Kecamatan Bulukerto. Penduduk setempat mayoritas bekerja mencetak batu bata atau bata merah.

Menurut Parmi (46) penduduk warga setempat Desa Nadi, bekerja membuat batu bata itu lebih menghasilkan dibandingkan bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) di kota-kota Besar. Alasannya, selain itu masih dapat berkumpul dengan keluarga di Desa, juga tetap bisa mendapatkan penghasilan yang cukup.

Saat ini harga batu bata matang mencapai Rp.450,- percetak. Atau dalam hitungan ribuan, Rp.450.000,- perseribu. Harga bata mentah (belum dibakar) Rp.250,- perbuah, atau Rp.250.000,- perseribu. Sedangkan bekerja sebagai buruh pencetak bata perseribunya Rp.50.000,- perhari. Padahal jika sudah mahir mencetak bata dalam sehari mampu menghasilkan sebanyak 2000 bata.

Sementara bahan baku bata, tanah sekarang didatangkan dari desa tetangga. Sedangkan bahan bakar untuk membakar batu batu, yaitu merang dapat dipesan dari para calo batu bata. Harga merang pertruk Rp.600.000.-. Merang sebanyak satu truk bisa untuk membakar batu bata kurang lebih sebanyak 15.000. namun tergantung tingkat kekeringan batu bata yang akan dibakar.

Soal pemasaran batu bata, masyarakat Desa Nadi tidak pernah merasa khawatir. Sebab pembeli datang mencari batu bata yang mereka cetak dan bakar di sana. Jika ingin mengetahui penghasilan tukang cetak bata, mereka enggan menjawab. Namun dapat diukur dari seberapa luas halaman rumahnya.

“Bagi pencetak batu bata yang memiliki halamanya luas maka penghasilan lebih dari Rp.3 juta perbulan, bersih. Semakin luas halamannya semakin bisa mencetak batu bata lebih banyak. Soal pemasaran tidak khawatir karena setiap batu bata sudah matang maka pembeli akan datang sendiri untuk menawarnya,” kata salah satu warga setempat.[rama]

error: Content is protected !!