Ketua OSIS SMAN 1 Wonogiri Penghapal Al Quran Dari Desa Timbangan Karangtengah

0 105
Chalid Nasrullah. Ketua Osis SMAN 1 Wonogiri
Chalid Nasrullah. Ketua Osis SMAN 1 Wonogiri

infowonogiri.com – WONOGIRI – Siapakah Ketua OSIS SMAN 1 Wonogiri? Dialah Chalid Nasrullah. Chalid ternyata adalah anak Desa, tepatnya berasal dari Dusun Timbangan, Desa Karangtengah Kecamatan Karangtengah. Asal tahu, wilayah Kecamatan Karangtengah berbatasan dengan Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Atau arah Tenggara dari Kota Kabupaten Wonogiri.

Chalid saat ini tercatat sebagai siswa kelas 12 IPS2. Chalid menjadi Ketua OSIS sejak kelas 10 tahun pelajaran 2012-2013. Terpilih melalui proses pemilihan pada Oktober 2012. Chalid berhasil melalui proses penyaringan, dari 15 calon kandidat Ketua OSIS menjadi 10, disaring menjadi 5 besar dan terpilih dari 3 Kandidat.

Anak kelahiran Wonogiri 30 Mei 1996 ini, mengaku tidak terlalu kesulitan mengurus OSIS. Sebab mengurus OSIS -bisa dikatakan- tinggal menjalankan program kerja (Proker) yang telah ada. Selain itu, Chalid bekerja tidak sendirian, melainkan dibantu 58 pengurusnya. Selain itu juga ada guru-guru pendamping yang selalu membimbingnya.

Pihak sekolah tidak pernah mengintervensi. Sebaliknya para guru selalu memberikan motivasi agar OSIS bersungguh-sungguh, sehingga menghasilkan pekerjaan yang bagus. Selain itu ada MPK (Majlis Perwakilan Kelas), dan Pramuka yang selalu bisa diajak bekerja sama. Pramuka mempunyai kedudukan -nyaris- sejajar dengan OSIS. Proker OSIS juga telah dianggarkan dan dibiayai dari APBS (Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah).

Seperti Proker ulang tahun sekolah dibiayai dari APBS sebesar Rp.28 Juta. Proker Kurikuler setidaknya ada 13 jenis. Terdiri dari kegiatan olahraga, kesenian, Pramuka, Baris Berbaris, kerohanian dll. Diikuti siswa kelas 12 ada 310 anak, kelas 11; 300 anak, kelas 10; 288 anak.

OSIS tugasnya menyiapkan panitia dan menyerahkan proposal kegiatan ke pihak sekolah dan atau komite. Sedangkan Proker wisata (study tour) dibiayai oleh komite (wali murid). Tahun ini telah berwisata ke Bali, dengan biaya 700 ribu per peserta.

Bicara sisi pribadi Chalid, dia adalah anak pertama dari lima bersaudara seorang Kepala Desa (Kades) Karangtengah, yaitu
Saptono. Saptono telah dua periode ini menjabat sebagai Kades. Darah titisan ayahnya-lah yang tampak mengilhami Chalid sebagai “kepala desa” di SMAN terkenal di Wonogiri ini.

Chalid tinggal di asrama Yayasan Al Huda Bulusulur Wonogiri. Karena memang dia adalah alumni SMP IT Al Huda, angkatan/alumni ke tiga. Meski sudah lulus dari SMP Al Huda, namun ia tetap diperbolehkan tinggal di asrama Al Huda. Paling tidak, dengan tinggal di asrama, orang tuanya tidak perlu memikirkan kos dan biaya hidupnya. Sebab tinggal di asarama Al Huda, tidak dikenakan biaya.

Konsekwensinya, Chalid membantu mengawasi dan mengajari adik-adik kelasnya di Yayasan Al Huda. “Pesan orang tua, saya tidak boleh sekolah jauh-jauh dari rumah orang tua, kalau di SMAN 1 Wonogiri boleh,” ujar pemilik nama yang mempunyai arti -doa- pertolongan Allah yang abadi, ini.

Masa bakti Chalid sebagai Ketua OSIS kurang dari setahun, yakni hanya 11 bulan. Pergantian pengurusan OSIS akan dilaksanakan pada Oktober 2013 mendatang.

Kesan yang didapat? “Yang jelas, menjadi Ketua OSIS sering meninggalkan kelas dan tentu ketinggalan pelajaran,” kata cowok pendiam yang hobinya membaca ini. Pengalaman yang didapat menurutnya adalah belajar bertanggungjawab, dan berorganisasi.

“Sudah berusaha bekerja sebaik mungkin saja masih sering salah dan terkadang dimarahi guru,” kata penghobi membaca ini. Chalid di sekolah tercatat menduduki rangking 7 saat naik ke kelas 12. Chalid bercita-cita sebagai penulis dan kelak ingin hafidz (penghapal) Al Quran, saat ini telah mencapai pada juz ke 4.

Data keluarga. Ayah Saptono. Ibu Sri Baroroh. Kedua orang tuanya asli Karangtengah. Ayahnya Kades Karangtengah untuk periode kedua. Ibu, ibu rumah tangga. Adik Hanif Sarowi kelas 1 SMKN Sudirman, Masruroh kelas 4 SD, Muhammad Fatah TK, Zaini Hanid 2th.[Bagus]

error: Content is protected !!