Ketua DPRD Disandera Teroris ,Tuntut Berdirinya Kabupaten Jatisrono

1 47
Wawan Setya Nugraha Disandera Teroris
Wawan Setya Nugraha Disandera Teroris

infowonogiri.com – WONOGIRI – Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setya Nugraha disandera oleh sekelompok orang yang diduga sebagai anggota jaringan teroris, Minggu (15/9) di dalam gedung kawasan Kantor Obyek Wisata Sendang Asri (OWSA) Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri.

Kelompok teroris ini mengancam keselamatan Wawan menyusul tuntutan mereka yang tidak pernah diperhatikan oleh wakil rakyat Wonogiri. Belasan teroris itu meminta agar Wawan mengijinkan Jatisrono memisahkan diri dari Kabupaten Wonogiri sebagai Kabupaten baru. Yaitu sebagai Kabupaten Jatisrono Merdeka.

Para teroris mengancam akan membinasakan Wawan dari bumi Wonogiri dan membuang ke Waduk Gajah Mungkur. Namun Wawan tak bergeming. Wawan tetap berprinsip mempertahankan NKRI. Wawan tidak mau memecah belah rakyat Wonogiri. Wawan tidak mengabulakan tuntutannya.

Negosiasi berjalan alot. Kelompok teroris itu terus mendesak mantan Ketua DPC PDI-Perjuangan Wonogiri itu. Wawan diseret ke dalam ruang tertutup di kawasan OWSA WGM Wonogiri. Di dalam ruangan itu, Wawan diinterogasi dibawah ancaman senjata tajam.

Pada waktu yang tepat, datanglah pasukan penyelamat dari Dan Grup Regu 2 Kopasus Kandang Menjangan Surakarta. Pasukan ini terdiri dari puluhan pasukan yang terdiri dari tim udara yang menggunakan pesawat helikopter 502A1, dan pasukan darat bersenjata lengkap.

Helikopter tersebut terbang rendah dengan ketiggian sekira 25 meter, kemudian berhenti di udara (hover) di atas tempat penyanderaan. Sebanyak 11 anggota TNI bersenjata laras pendek turun dari helikopter menggunakan tali dadung.

Suara baling baling pesawat Helikopter menambah gian gemuruh lokasi penyanderaan. Bersamaan itu terdengar letusan bom dan granat yang meledak di sekitar dermaga WGM, kemudian puluhan bom molotov meletus sehingga menimbulkan efek asap tebal.

Debu tebal dan sampah dedaunan berterbangan, asap bom molotov menambah dramatis suasana latihan proses penyelematan korban sandera. Aksi baku tembak tak terhindarkan. Sehingga terdengar seperti adegan film aktion, Rambo. Sejumlah orang terkapar di depan TKP penyanderaan.

Pasukan DanGrup 2 berhasil menyelamatkan Wawan. Wawan dinaikan dengan jip cup terbuka menuju Helikopter yang di lapangan tepi WGM Wonogiri. Di sana Wawan disambut Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto dan Komandan DanGrup 2 Letkol Maruli Simanjutak.[Bagus]

error: Content is protected !!