Joko Widodo dan Kris Jhon Pernah Mendatangi Masjid Tiban Bakalan

0 924
Masjid Tiban Di Dusun Bendo Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro
Masjid Tiban Di Dusun Bendo Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro

infowonogiri.com – PURWANTORO – Di Dusun Bendo Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro, ada bangunan masjid kuno. Tempat beribadahnya umat islam ini, tidak diketahui kapan pertama kali dibangun atau didirikan. Bahkan, nama masjid ini tidak tertulis seperti pada umumnya masjid lain.

Karena itu, warga sekitar memberinya nama sebagai “Masjid Tiban”. Kenapa disebut sebagai masjid tiban?. Karena sampai saat ini tidak diketahui secara pasti sejarah berdirinya masjid itu. Beberapa penduduk warga Dusun Bendo Desa Bakalan meyakini masjid tersebut dibuat pasca runtuhnya kerajaan Majapahit.

Riwayatnya, konon, saat itu ada seorang keturunan raja bernama Raden Gunung Sari. Raden Gunung Sari ditugaskan ke wilayah Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten (saat ini). Raden Gunungsari saat itu akan dinobatkan untuk mengantikan Sunan Bayat. Tetapi Raden Gunung Sari menolaknya. Raden Gunung Sari malah memlih berkelana di hutan belantara Wonogiri.

Sampailah Raden Gunung Sari di Dusun Bendo Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro. Di sana Raden Gunung Sari mendirikan masjid. Masjid itu ditunggui dan dimanfaatkan untuk beribadah kepada Allah, yaitu shalat rowatib lima waktu, dan shalat sunah rowatib maupun shalat lail. Raden Gunung Sari berada di masjid sampai beliau wafat.

Bahkan jenasah Raden Gunungsari dimakamkan di puncak Gunung Bakalan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kedung Giyono. Masjid Tiban ini mulanya berukuran 7 x 7 M2, beratapkan sirap, berdinding kayu jati dan menggunakan mimbar dari kayu jati yang terbungkus kain mori. Seiring kemajuan jaman, pengunjung kian banyak.

Maka pada tahun 1997 masjid dibangun. Yaitu dengan menambahi terasnya. Masjid tersebut dirawat oleh juru kuncinya, yaitu Sardi. Di sekitar masjid itu terdapat tempat pemujaan. Berbagai jenis bunga-bungaan, bakaran kemenyan, menghiasi pojok mashid Tiban Bakalan. “Selain untuk shalat, masjid ini digunakan untuk ritual,” kata Sardi.

Sardi menuturkan, bawha hampir setiap hari ada saja yang datang ke masjid itu. Bahkan sejumlah nama beken, pernah hadir mengunjunginya. Antara lain Gubenur DKI, Joko Widodo (Jokowi), petinju ternama Indonesia, Kris Jhon. Pada saat kehadirannya, Kris Jhon memberi hadiah sepeda motor untuk juru kuncinya.[Rama]

error: Content is protected !!