“Bolo Sekandang Koplak” Gelar Halal Bi Halal

0 108

bajang halal bihalal

infowonogiri.com – SELOGIRI – Koplak, mungkin sebuah kata yang berhubungan dengan keadaan kepala sedang kurang enak “pusing, mumet, cenut-cenut” dan lain-lain. Namun lain dengan Koplak yang satu ini. Koplak adalah nama seseorang yang sudah tidak asing lagi di wilayah kota gaplek Wonogiri. Dialah Joko  Suwarno “Bajang Koplak” yang lebih akrab dipanggil “Bajang Koplak” saja.

Namanya juga koplak, maka setiap aktivitas yang dilakukannya tidak seperti yang dilakukan oleh orang-orang pada umumnya. Seperti yang dilakukan semalam dalam acara Halal Bi Halal Bolo Sekandang Koplak.
Halal Bi Halal Bolo Sekandang Koplak yang digelar Sabtu malam 31 Agustus 2013 di rumah Bapak Tugiman, Dusun Ringin Anom, Desa Jaten, Kecamatan Selogiri ini berlangsung sangat meriah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya antusias masyarakat yang menghadirinya. Dari masyarakat kalangan bawah sampai pejabat tinggi penting tampak hadir.

Dari pantauan infowonogiri.com tampak hadir kepala Desa Jaten Eko Ady Soeranto, SE, Kepala Desa Jendi Suharni, Kepala Desa Nambangan Suparno, Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto, SH, ketua DPRD II Kabupaten Wonogiri Wawan Setya Nugraha, S.Sos, Subandi PR, S.Pd anggota dewan Propinsi Jawa Tengah, Drs. H. Hamid Noor Yasin, MM Wakil Ketua DPRD Wonogiri juga caleg DPR RI, caleg DPRD I Jawa Tengah H. Kentut Wahyuni, SH, Dandim Wonogiri Letkol Inf Mirza Eka Junaidi, beserta beberapa tokoh Muspika Kecamatan Selogiri.

Danar Rahmanto
Danar Rahmanto

Acara Halal Bi Halal Bolo Sekandang Koplak diawali dengan pementasan wayang kulit 1 jam yang sangat memukau oleh dalang cilik Restu (kelas II SD) dari Purwosari, Pokoh, Wonogiri. Acara inti berupa atur pambagyo disampaikan dengan bahasa jawa yang adi luhung oleh kepala desa Jaten Eko Ady Soeranto, SE.

H. Danar Rahmanto, SH dalam sambutannya menyampaikan pembangunan Kabupaten Wonogiri pada tahun ini akan diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur sarana prasarana berupa pembenahan jalan-jalan yang rusak dan pembangunan sektor pertanian.

Hikmah halal bi halal beserta doa penutup disampaikan oleh H. Hamid Noor Yasin, MM. Acara diakhiri dengan hiburan  pementasan wayang kulit oleh Ki Dalang Gaul Heru dari Karanganyar duet dengan ki dalang Bajang Koplak. [Agus/Agung]

error: Content is protected !!