BKM “MULYO” Desa Nambangan Gelar Pelatihan RT & RW

0 53
BKM "MULYO" DESA NAMBANGAN MENGGELAR PELATIHAN RT & RW
BKM “MULYO” DESA NAMBANGAN MENGGELAR PELATIHAN RT & RW

infowonogiri.com – SELOGIRI – Ahad (22-09-2013) Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mulyo Desa Nambangan mengadakan pelatihan RT dan RW bertempat di Balai Desa Nambangan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Pelatihan dalam kapasitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan ini diikuti oleh seluruh Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) se-desa Nambangan.

Acara pelatihan berlangsung mulai pukul 08:00 WIB dan berakhir pada pukul 12:00 WIB diawali dengan sambutan Kepala Desa Nambangan Suparno kemudian dilanjutkan pelatihan yang dipandu oleh fasilitator dari Kabupaten Wonogiri Bapak Aris Driyanto.

Materi pelatihan adalah Pemetaan Swadaya Tingkat Basis dan Refleksi Kemiskinan Tingkat Basis. Maksud dan tujuan pelatihan adalah agar ketua RT dan RW dapat mendata dan memetakan serta menyusun warganya dalam tingkatan kategori miskin dan non miskin, yang selanjutnya akan diolah oleh BKM Mulyo guna menyusun Program Jangka Menengah (PJM) Desa Nambangan 3 (tiga) tahun kedepan.

Dalam kesempatan ini, Aris Driyanto juga menyatakan bahwa tahun 2013 ini BKM Mulyo Desa Nambangan telah mendapat Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp. 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah).

Penggunaan BLM tersebut dialokasikan pada 3 (tiga) sektor yaitu:

  1. Alokasi Tri Daya (Lingkungan, Sosial, dan Ekonomi), sebesar Rp. 52.500.000,-
  2. Peningkatan Kapasitas, sebesar Rp. 10.000.000,-
  3. Alokasi BOP, sebesar Rp. 7.500.000,-
Rehab rumah sejumlah 3 unit di dusun Gadungan
Rehab rumah sejumlah 3 unit di dusun Gadungan

Agenda penggunaan dana tersebut terbagi menjadi 2 tahap, tahap I untuk rehab rumah sejumlah 3 unit di dusun Gadungan, Ngepos, dan Bulak. Sedangkan untuk tahap II akan digunakan untuk rehab rumah di dusun Nambangan, Nangger, dan Kalikatir. Dibawah ini adalah rumah milik bapak Sadi dusun Ngepos yang akan direhab. [Agus]

error: Content is protected !!