Bakal Calon Anggota Legislatif Partai Gerindra Dilaporkan Tetangganya

0 49
Lokasi Kandang Ayam
Lokasi Kandang Ayam

infowonogiri.com – PURWANTORO – Ternak ayam merupakan salah satu usaha yang banyak digeluti banyak digeluti pengosaha lokal kelas menengah. Hampir di setiap desa di 25 Kecamatan se Kabupaten Wonogiri ada usaha itu.

Usaha ternak ayam potong, ayam pedaging, ayam petelor, ayam aduan (bangkok) maupun jenis yang lain bisa dipastikan ada. Termasuk usaha ternak unggas yang lainnya.

Namun ketika memulai usahanya, tidak semua orang melengkapi dengan perijinan yang benar. Misalnya ijin gangguan lingkungan atau yang lebih dikenal dengan sebutan ijin HO.

Padahal, usaha ternak ayam menimbulkan dampak lingkungan. Antara lain dari limbah kotoranya. Inilah yang terjadi di Dusun Keng Keng Desa Talesan Kecamatan Purwantoro. Seorang penduduk Desa setempat, bernama Karnila Sari (43) mengaku terkena serangan alergi pada hidung. Ia menduga alergi itu disebabkan bau kotoran limbah peternakan ayam milik tetangganya.

Pemilik peternakan itu diduga adalah mantan Kepala Desa Talesan bernama Katimin. Saat ini Katimin merupakan menjadi salah satu calon anggota DPRD Kabupaten Wonogiri dari Partai Gerindra. Atas ketidaknyamanan itu Karnila melaporkan pencemaran lingkungan tersebut ke Muspika Kecamatan Purwantoro. Asal tahu, rumah Karnila Sari terletak di antara dua bangunan kandang ayam. Di sisi utara kandang ayam yang berjarak 7m, dan di sisi selatan kandang ayam yang berjarak 20m. Pada bagian utara masih terhalang rumah Katimin.

Menindaklanjuti laporan itu, Kecamatan Purwantoro telah menutup kandang yang terletak di sisi selatan. Tetapi kandang ayam yang di sisi utara belum ditutupi. Karena dampak limbah tersebut belum sepenuhnya teratasi, Karnila Sari memilih pindah tempat tinggal di rumah saudaranya, di Desa setempat, namun relatif aman dari polusi limbah ternak ayam. Katanya, jika kembali ke rumah yang berdekatan dengan kandang peternakan itu, alerginya selalu kambuh dan harus ke dokter untuk mengobatinya. Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Katimin maupun Kecamatan setempat.(Rama)

error: Content is protected !!