Ajudan Istri Presiden Kini Menjadi Kapolres Wonogiri

0 213
Kapolres Wonogiri AKBP Dra. Tanti Septiyani.jpgKapolres Wonogiri AKBP Dra. Tanti Septiyan
Kapolres Wonogiri AKBP Dra. Tanti Septiyani.jpg Kapolres Wonogiri AKBP Dra. Tanti Septiyan

infowonogiri.com – WONOGIRI – Pimpinan Kepolisian Resor Wonogiri, beberapa kali dijabat oleh seorang Polwan (polisi wanita). Kali ini, dijabat oleh Polwan Tanti Septiyani. Perempuan asal Jakarta ini menjabat sebagai Kapolres Wonogiri sejak akhir Desember 2012 silam.

 Sebelum ditugaskan di Wonogiri, Tanti pernah menjabat sebagai anggota Intel Ekonomi Mabes Polri. Yang paling berkesan adalah, ketika ia dipilih menjadi ajudan istri Presiden dan Istri Wakil Presiden Republik Indonesia.

Yaitu menjadi ajudan Shinta Nurriyah Wahid, istri mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid. Ajudan Hasri Ainun Habibi istri mantan Presiden RI BJ Habibi, dan ajudan Tutik Setyawati mantan istri Wakil Presiden RI Tri Sutrisno. Pengalaman yang luar biasa, tentunya.

Kapolres yang selalu tampil “renyah” ini tidak bermaksud melebihkan, tetapi itulah memang pengalamannya. Latar belakang pendidikannya sebagai sarjana Sastra China, menjadikan ia mahir bahasa Mandarin, dan iapun menguasai bahasa Ingris.

Kemampuan menguasai beberapa bahasa asing menjadi modal penting untuk memudahkan komunikasi dengan “dunia luar”, terlebih ketika mendampingi Istri pejabat tertinggi di luar negeri, saat bergaul dengan negara negara Asia, Eropa, Timur Tengah dll.

Tugas bersama keluraga presiden tentu sebuah kehormatan. Karena menjaga keamanan dan keselamatan pejabat tertinggi negara adalah tugas yang mulia, dan tugas berat. Tantangan dapat diselesaikan dengan baik jika bekerja bersungguh sungguh menjaga komitmen dan disiplin.

Sisi lain perempuan yang sering tampak berkacamata ini ternyata mempunyai pengalaman sebagai pengintai. Jangan salah, yang dimaksud adalah pengintai momen melalui jendela bidik kamera DSLR. Tanti adalah fotografer mahir.

Tanti memiliki beberapa kamera, salah satu yang sering ditenteng adalah Nikon DSLR lengkap dengan lensa tele-nya. Tanti lebih suka membidik momen human interes dan panorama alam. Koleksi foto-fotonya dipastikan banyak. Hasil jepretan di dalam maupun luar negeri. Takjarang giat di kesatuannya tak luput dari bidikannya. Hasi karyanya-pun banyak menghiasi Majalah LENSKA, karya Jurnalis internal Polres Wonogiri.

Satu lagi sisi lain Tanti, adalah suka memasak sup ikan dan sup buah. Hobi yang satu ini sebagai sarana berkumpul bersama anggota. Ada Jumaksiber (Jum’at makan siang bersama), dan Jumat Bersila (Jumat Bersilaturahmi).

Misalnya mengunjungi Toga Tomas, Panti Asuhan, Yayasan anak yatim piatu, Pondok pesantren, gereja, dan lain-lainnya. Harapannya ia bisa bersilaturahmi dengan masyarakat. Tanti pun tak segan keluar malam, memantau situasi wilayah Wonogiri dan perbatasan.

Kordinasi dan kerjasama lintas Polres perbatasan pun telah dijalin. Antara lain dengan Polres Magetan di sisi utara, Polres Ponorogo dan Polres Pacitan di sisi Timur, dengan Polres Wonosari di sisi Selatan, Polres Sukoharjo dan Karanganyar di sisi Utara.[Bagus]

error: Content is protected !!