Tirakatan Kemerdekaan RI Ke 68, Warga Slogoretno Arak Tumpeng

0 48
Arak-arakan Tumpeng setinggi 2 Meter
Arak-arakan Tumpeng setinggi 2 Meter

infowonogiri.com – JATIPURNO – Warga Desa Slogoretno  Malam ini mengadakan tirakatan untuk memperingati  kemerdekaan RI dengan mengarak Tumpeng setinggi dua meter dan dengan di arak dari rumah Madas menuju Kantor Balai Desa Slogoretno Kecamatan Jatipurno.

Acara ini di adakan oleh  Paguyuban Abdi Dalem Keraton Surokarto Desa Slogoretno Kecamatan Jatipurno. Nama paguyuban (Madas) Manunggaling Abdi Dalem Desa yang di ketuai Purwanto Prasetyo (45 ) yang beralamat Nglerak Rt 01 Rw 03   Desa Slogoretno Kecamatan Jatipurno, mempunyai organisasi  Manunggal ROSO yang  kegiatanya melestarikan  Budaya  Jawa dan kegiatan  sosial, paguyuban ini beranggotakan  25 orang terdiri dari  warga Desa Slogoretno.

Purwanto Ketua Madas
Purwanto Ketua Madas

Acara di mulai setelah Sholat Isya,   Tumpeng Agung  di siapkan di  Rumah Sekretariat (Madas),Kemudian di arak ke kantor desa. Dalam perjalanan rombongan membawa oncor dan diiringgi gamelan reog  serta para anggota madas dan warga sekitar . Dalam  perjalanan menuju balai desa di hiasi oncor berjumlah 68 oncor yang berjarak kurang lebih 700 meter.

Tumpeng berisi hasil bumi bermakna Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan adanya kemerdekaan ini , bumi kita membawa kemakmuran buat masyarakat, jumlah sebanyak  800 tumpeng, nasi , buah dan panggang ayam  serta bermacam-macam buah, pungkas Purwanto selaku Ketua Madas.

Sesampainya di kantor desa tumpeng  diserahkan kepada Kepala Desa Joko sulistiyo , kemudian didoakan , setelah selesai tumpeng di arak ke tengah lapangan dan di keroyok ribuan warga sekitar yang sudah dari sore menunggu , dengan di iringgi pentas reog di tengah lapangan, suasana ramai dan penuh sesak namun tetap dalam kondissi aman. Pagelaran ini untuk menumbuhkan rasa Patriotisme , mengembalikan Budaya Jawa dan  Budaya Timur yang saat ini tergeser oleh  budaya barat,  ujar Purwanto kepada INFOWONOGIRI. ( N 420 )

error: Content is protected !!