Test Kesehatan Bagi Pengemudi Bus AKAP

0 52
Sopir Bus AKAP Wonogiri - Jakarta Jalani Test Kesehatan
Sopir Bus AKAP Wonogiri – Jakarta Jalani Test Kesehatan

infowonogiri.com – WONOGIRI – Bertempat di Terminal Induk Giri Adi Pura Wonogiri, Dishubkominfo Propinsi Jawa Tengah, bekerja sama dengan Dishubkominfo Kabupaten Wonogiri, Polres Wonogiri, didukung Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) mulai pukul 09.30 WIB dilaksanakan test kesehatan bagi para awak Bus AKAP Jurusan Wonogiri-Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Wonogiri AKBP. Tanti Septiyanti yang didampingi Kasat Narkoba AKP Susilo, dan hadir juga sejumlah pejabat tekait.

Dr. Hermanto, Kepala Puskesmas Kecamatan Selogiri, yang juga selaku ketua tim medis kepada roporter Portal Berita Wonogiri, mengemukakan bahwa test kesehatan ini bertujuan untuk mendeteksi sedini mungkin bila terdapat awak bus yang sedang  menkonsumi obat-obat terlarang.

Seperti narkoba maupun minuman beralkhohol, juga obat-obatan yang memacu kerja jantung lebih cepat (obat yang mengandung amfetamin). Test yang dilakukan meliputi, tensi darah (tekanan darah), tes urine, hipertensi dan juga pernafasan para awak bus Antar Kota Antar Provinsi.

Wartono (41), salah seorang Sopir bus AKAP Perusahaan Oto (PO) Bus trayek  Pacitan – Jakarta mengemukakan, bahwa bila test seperti ini dilakukan secara berkala dan Periodik maka angka kecelakaan akan dapat berkurang. Khususnya yang disebabkan akibat pengaruh minuman beralkohol, narkoba maupun obat obat terlarang lainnya.

Humas Polres Wonogiri AKP Siti Aminah SH menambahkan, bawha Kapolres Wonogiri AKP Tanti Septiyani memimpin langsung acara tes urin di terminal induk tersebut. hadir pula tim narkotika dari Polda Jateng. Pelaksanakan tes kesehatan terhadap awak bus dilaksanakan dua hari. Yaitu pada Selasa (13/8) dan Rabu (14/8).

Pada hari pertama telah tes urin diikuti oleh 61 awak bus. Pada hari kedua ditargetkan tes urin akan mencapai 100 orang awak bus. “Tujuan dilaksanakan tes urin adalah untuk mengantisipasi penggunaan narkoba dan miras oleh awak bus. Harapannya untuk menekan terjadinya lakalantas sedini mungkin, yang disebabkan oleh minuram keras maupun narkoba,” pungkas Siti Aminah. [Djarot]

error: Content is protected !!