Ternyata Menjadi Kepala Desa Itu Tidak Sulit Asal..

0 65
Tarni Kades Jatimarto Kecamatan Ngadirojo
Tarni Kades Jatimarto Kecamatan Ngadirojo

infowonogiri.com – NGADIROJO – Cita-citanya menjadi guru, tidak terkabul. Ia tidak menyerah, apalagi putus asa. Ia tetap berdoa dan tetap semangat berkerja. Ia berpendapat; berbuat baik dan mengamalkan ilmu tidak harus menjadi seorang guru.

Suatu ketika doanya terkabul. Ia terpilih sebagai Kepala Desa (Kades) Jatimarto, dengan raihan suara terbanyak dalam Pilkades 2012 lalu. Dia adalah Tarni, wanita kelahiran Wonogiri 8 Pebruari 1972 silam. Latar belakang keluarganya petani. Pendidikan hanya SMEA (SMK).

Bagaimana rasanya menjadi Kepala Desa? “Tergantung cara menikmati dan menyikapinya. Biasa saja. Tidak sulit. Tidak berlebihan. Tetapi ini adalah nikmat,” kata Tarni mengawali obrolan dengan Reporter Info Wonogiri, belum lama ini.

Istri dari, Sulardi anggota DPRD Wonogiri ini, mempunyai prinsip, menjadi pemimpin (Kades) adalah amanah. Ia sama sekali tidak pernah mencita-citakan jabatan itu. Tetapi maju atas dorongan warganya, dan terpilih, maka Tarni menyatakan siap mengabdikan diri.

Baginya, menjadi Kades itu amanah. Jika mampu melaksanakan tugas dengan baik, maka ia akan memanen kebaikan, baik di dunia maupun di akherat. “Ini adalah peluang ibadah kepada Allah. Balasannya adalah syurga,” katanya.

Sebaliknya, jika gagal, tentu akan menuai penilaian buruk dari masyarakat. Tentu akan mendapatkan laknat. Dalam bekerja, alumni SMEA (SMKN 1 Wonogiri) ini, berprinsip; melaksanakan sesuai aturan yang benar dan tetap konsisten pada jalur.

Sama sekali ia tidak berpolitik, meski suaminya anggota DPRD Wonogiri utusan dari PAN. “Bekerja menjadi Kades tidak sulit. Aturannya sudah ada dan jelas. Yang penting jangan politis dan pragmatis,” ujar ibu satu anak, Wahyu Adi Prihamtoko siswa X SMAN 3 Wonogiri.

Tarni anak petama dari dua bersaudara. Ayah, Tarno dan ibu Sinem. Terpilihnya sebagai Kades, ia ingin menunjukanya baktinya kepada masyarakat dan orang tua. Karena itu, cita citanya menjadi Kades adalah membangun Desa yang telah baik menjadi lebih baik.

Tarni dibantu 16 Perangkat Desa. Terdiri dari 11 orang Kepala Dusun. Empat orang Kaur dan 1 Sekretaris Desa. Kebetulanm kebanyakan perangkat Desanya kebanyakan perempuan. Adalah Kaur Keuangan Wahyuningsih, Wanti Kaur Pemerintahan, Kessos Sulastri, Kadus Plosorejo Warti.

“Semua perempuan, tapi kebetulan. Bukan karena setelah saya menjabat Kades,” aku peng-hobi membaca dan memasak ini. Desa Jatimarto, memiliki 843 KK, 70 persen merantau sebagai pedagang bakso dan jamu. Potensinya pertanian dan peternakan.[Bagus]

error: Content is protected !!