Pemkab Wonogiri Gelar Lomba Geguritan

0 174

wonogiri

infowonogiri.com – WONOGIRI – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-68, Pemkab Wonogiri menyelenggarakan lomba membaca Geguritan untuk Guru SD dan PAUD se-Kabupaten Wonogiri, pada hari Rabu (14/8). Lomba dilaksanakan di dua tempat, yakni Pendopo Rumah Dinas Bupati untuk kategori Guru PAUD, dan Ruang Data Setda Kabupaten Wonogiri untuk kategori Guru SD.

Acara dibuka dengan laporan penyelenggara oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Drs. Suparno, M.Pd, M.M. “Lomba ini bertujuan memberikan pembelajaran agar Guru dapat menjadi suri tauladan bagi anak didiknya” terangnya. Acara yang diikuti oleh 50 peserta Guru PAUD dan SD se-kabupaten Wonogiri ini menghadirkan Bunda PAUD, Ny. Tabitha Danar Rahmanto.

Dalam sambutannya, Ny Tabitha berharap lomba geguritan ini akan dapat merajut kembali nilai-nilai Jawa yang dirasa kian pudar. ”Memahami budaya Jawa sangat penting bagi para pendidik di tingkat PAUD maupun SD karena di tangan pendidik inilah generasi bangsa yang unggul dapat diwujudkan yaitu melalui pembentukan karakter anak sejak dini,” terangnya. Beliau juga menyampaikan bahwa budaya geguritan harus dikembangkan karena hanya Jawa dan Bali lah yang memiliki budaya ini,”Jadi kita harus bangga karena memiliki budaya ini,” tegasnya.

Menurut S. Marjoko selaku panitia pelaksana, dalam lomba ini rencananya akan diambil 3 juara terbaik di masing-masing tingkatan yang nantinya akan tampil dalam acara malam tirakatan (16/8) dan malam resepsi HUT Kemerdekaan RI (20/8).[Bagus]

error: Content is protected !!