Pasca Pameran Potensi Desa ,Terungkap PNPM Kismantoro Surplus Rp.600 Juta

0 42
STAND PUCUNG, PRODUK UNGGULAN EMPON-EMPON
STAND PUCUNG, PRODUK UNGGULAN EMPON-EMPON

infowonogiri.com – KISMANTORO – Keberhasilan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) Kecamatan Kismantoro Wonogiri dalam memanfaatkan Dana Bergulir dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) mampu memberikan bantuan kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan total nilai bantuan Rp 223,8 juta.

Penyerahan bantuan ini diberikan bersamaan dengan dibukanya kegiatan Pameran Produk Unggulan, Potensi Desa dan Kebudayaan Kecamatan Kismantoro, Minggu (25/8) lalu di Lapangan Kismantoro oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, SH.

Menurut Agus Suranto, Fasilitator PNPM MPd Kecamatan Kismantorodikatakan bahwa Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM MPd Kismantoro sudah 2 tahun ini tidak mengambil jatah 25% dana BLM untuk digunakan sebagai Dana Bergulir, karena pengelolaan UPK telah mengalami surplus.

Penyaluran Surplus
Penyaluran Surplus

”Pada tahun 2012 kami surplus 600 juta dan Rp 223,8 juta kami salurkan untuk Rumah Tangga Miskin berupa tambahan modal usaha untuk 126 usaha, beasiswa untuk 16 siswa, subsidi rehab rumah sebanyak 33 rumah, pembangunan MCK sebanyak 44 unit, sembako dan pembelian kambing,” terangnya.

Pameran Produk Unggulan yang digelar selama tiga hari dalam rangka memperkenalkan potensi lokal kecamatan Kismantoro ini dikatakan oleh Agus berjalan lancar dan memuaskan. Terbukti dengan banyaknya pesanan khususnya telur puyuh, empon-empon dan meubeler antik. “Kegiatan ini dikatakan berhasil karena produk yang selama ini hanya dipasarkan di desa saja bisa terpromosikan ke area yang lebih luas, terbukti  banyak pesanan yang diterima,” terangnya.

Kepala Bapermas Kabupaten, Semedi Budi Wibowo, SH berharap acara ini akan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. “Yang dibutuhkan komitmen bersama semua komponen masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan warganya,” himbaunya.[Yuni]

error: Content is protected !!