Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Masih Menjadi Favorit Para Pelancong

0 151
Obyek WIsata Gajah Mungkur
Obyek WIsata Gajah Mungkur

infowonogiri.com – WONOGIRI – Lebaran tahun 2013 yang ditetapkan pada tanggal 8 agustus ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk “mlancong”(berlibur) ke beberapa tempat wisata yang ada di berbagai daerah. Begitu juga di  Wonogiri, tempat favorit wisata di Wonogiri adalah Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur. Disini para pengunjung dapat menikmati pemandangan waduk yang cukup indah serta didukung adanya wahana waterboom yang telah selesai dibangun beberapa waktu lalu, serta pengunjung juga dapat menikmati kebun binatang mini yang ada di obyek wisata ini.

Pengelola memanfaatkan even lebaran ini dengan menggelar acara yang bertajuk Gebyar Gajah Mungkur Wonogiri 2013 dan untuk menarik penunjung untuk datang ke obyek wisata ini pengelola menambah hiburan berupa perform beberapa orkes melayu di sasana pentas hiburan. Pada hari pertama lebaran ini pengelola menampilkan orkes melayu MAESPATI yang mengklaim satu-satunya orkes melayu yang berada di kota gaplek ini.

Namun hal tersebut pada hari pertama ini belum terlihat banyak pengunjung  yang mendatangi tempat wisata ini, hal tersebut dimungkinkan karena pada hari pertama lebaran masih digunakan untuk acara silaturahmi ke keluarga masing-masing, seperti yang diungkapkan salah satu penjaga pintu masuk obyek wisata ini ” memang belum ramai pengunjung mas..mungkin karena masih pada silaturahmi ke keluarga masing-masing,namun diperkirakan pada lebaran kedua dan ketiga pengunjung akan “membludak” seperti biasanya” ujar Yanto.

Menurut pantauan INFOWONOGIRI, memang di loket penjualan karcis dan pintu masuk hanya terlihat puluhan orang saja yang mengantri karcis dibandingkan pada lebaran tahun dulu, jalan menuju obyek wisata ini macet sampai ratusan meter, bahkan loket penjualan karcis sampai berjubel.

Hal ini bisanya terjadi pada hari kedua dan ketiga lebaran, seperti yang  diungkapkan petugas penjualan karcis yang tidak mau disebutkan namanya ” memang mas sampai saat ini (sekira pukul 10.00 wib) baru sekitar 1000 orang pengunjung saja, tapi besuk diprediksikan akan terjadi lonjakan pengunjung” Pada hari pertama lebaran ini menurut pantauan infowonogiri obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh pengunjung yang datang dari luar kota wonogiri, atau para perantau yang mudik ke wonogiri. Hal ini terlihat dari plat nomor kendaraan yang rata-rata berseri B (jakarta),A (jakarta,F (bogor),AE (Pacitan).

Walaupun menurut sebagian pengunjung obyek wisata ini, tiket masuk plus parkir terbilang cukup mahal di hari lebaran ini, hal itu tidak menjadi masalah bagi mereka, dikarenakan memang hari lebaran sudah merupakan hari khusus buat liburan bersama keluarga, hal tersebut seperti diungkapkan Ibu Atun yang datang dari Jawa Timur ” iya mas tiketnya lumayan mahal, Rp. 14.000 per orang padahal biasanya di hari biasa cuma Rp. 5.000 sampai Rp. 7.000 per orang. Tapi gak apa-apa namanya juga baru lebaran”.

Naiknya harga tiket sampai 100% tersebut menurut pengelola dikarenakan bertambahnya hiburan yang disediakan dan bertambahnya biaya untuk kebersian dan lain-lain. Memang di Kabupaten Wonogiri banyak obyek wisata alam yang menggiurkan bagi pengunjung, namun obyek wisata Waduk Gajah Mungkurlah yang menjadi Favorit bagi “pelancong” dikarenakan merupakan simbol atau icon kota gaplek ini. [Agung]

error: Content is protected !!