MUSEUM KARST : Wisata Yang Layak Anda Kunjungi

0 196
Museum Karst di Kecamatan Pracimantoro
Museum Karst di Kecamatan Pracimantoro

infowonogiri.com – PRACIMANTORO – Wisata yang tidak kalah menarik adalah Museum Karst, yang terletak di desa Gebangharjo, kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dari Wonogiri Kota. Dari jantung kota Kecamatan Pracimantoro berjarak kurang lebih 3,5 KM ke arah Wonosari DI Yogjakarta.

 Museum Karst ini diklaim sebagai museum terbesar dan terunik di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Indonesia memiliki setidaknya 3 museum karst, akan tetapi hanya di Wonogiri yang menggambarkan keseluruhan kondisi karst di Indonesia. Museum karst Pracimantoro didirikan pada tahun 2008 dan efektif menjadi tempat wisata pada tahun 2010.

Lokasi musium karst Pracimantoro yang berada di kawasan perbukitan gamping semakin menambah daya tarik untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya, karst merupakan istilah dari bahasa Yugoslavia yang merujuk pada wilayah yang terdiri dari batuan yang mudah larut seperti batu gamping.

Hamparan sawah serta hutan jati dapat dinikmati seraya memasuki kawasan museum karst. Di sekitarnya terdapat beberapa goa yang keberadaannya juga masih berkaitan dengan fungsi museum karst. Musium Karst ini cenderung lebih tepat sebagai musium pendidikan. Penelitian bagi pelajar, dan mahasiswa maupun para peneliti.

Karena di dalam musium karst banyak terdapat sejarah perkembangan manusia, musium budaya dan musium batu (karst). Di dalam museum kars terdapat pajang berbagai foto, vidio dan juga sebagian batu kars yang terbuat dari fiber.

Daya tarik museum karst antara lain terdapat pemandangan bukit kapur dan didukung goa hunian manusia purba. Bahkan sejumlah peneliti dari UGM menemukan jejak manusia purba di salah satu goa yang terletak di lingkungan museum kars. Yaitu di goa Song Gilap.

Jika goa yang satu ini bisa menjadi laboratorium alam maka akan menambah daya tarik tersendiri. Selain goa Song Gilap, ada goa lain yaitu Goa Tembus, Goa Mrica juga Goa Potro Bunder dan masih ada lagi.

Museum kars Pracimantoro juga diklaim telengkap sedunia. Di sana digambarkan berbagai macam batu kars di dunia. Untuk memermudah pembelajaran di dalam museum terdapat panduan berupa pemutaran vidio yang dilengkapi dengan layar monitor yang cukup besar.

Dari sisi tata bahasa, kata “karst” berasal dari bahasa Yugoslavia, yang merunjukan daerah bebatuan atau kawasan bebatuan. Museum karst Wonogiri terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama di pajang berbagai bebatuan. Di lantai 2 masih ada bebatuan tetapi ada replika dari goa dan juga gambaran kehidupan manusia purba.

Museum ini berbentuk Piramida terbalik. Jika dilihat dari atas ketinggian kawasan bukit bebatuan yang melingkari musim karst, maka gedung atau bangunan musium ini tampak gagah dan indah. Di atas bukit juga terdapat sejumlah sarana ibadah yaitu Masjid, dan Pura.

Di sekitar lingkungan museum karst juga terdapat berbagai jajanan khas Wonogiri.Sarana umum jalan memermudah perjalanan menuju obyek wisata musium karst. Karena  jalan dari kota kecamatan Pracimantoro sudah beraspal, sampai di kawasan karst. Sebagian cor beton. [Rama]

error: Content is protected !!