Mudik Lebaran Tak Lengkap Tanpa Kuliner Khas Kampung

0 102
Makanan khas yang sering dicari para Pemudik
Makanan khas yang sering dicari para Pemudik

infowonogiri.com – GIRITONTRO – Mudik lebaran tidak hanya bertujuan mempererat silaturahim dengan keluarga, sekaligus berwisata kuliner makanan khas kampung.

Karena itu hampir setiap rumah di kampung kampung menyajikan makanan untuk menghormati para tamu yang berkunjung ke rumahnya. Namun tidak semua tuan rumah menyajikan makanan khas asli desa setempat.

Nah bagi para perantauan yang mudik lebaran di kampung halaman, tidak kehilangan akal. Untuk bisa mendapatkan makanan khas kampung, banyak para pemudik berburu makan khas kampung untuk dibawa ke kota tujuan.

Dengan cara membeli oleh-oleh di toko-toko yang menyediakan makanan khas Wonogiri.

Di wilayah Wonogiri bagian selatan seperti di Giritontro, Paranggupito dan Pracimantoro, makanan has dapat diperoleh di warung-warung atau pasar-pasar Tradisional. Antara lain Tempe Kripik, Ampyang, Onde-onde, Criping Mentah dan Kacang Tanah Open. Semua makanan itu ternyata banyak peminat.

Rustomo pemlik kios di terminal Giribelah
Rustomo pemlik kios di terminal Giribelah

Pemilik kios di terminal Giribelah, Rustomo (40) mengatakan, sejak Lebaran H+3 sampai hari ini Rabu (14/8) makanan kering paling laris adalah Tempe Kripik, Ampyang.

“Harganya masih tetap meskipun lebaran, tetapi untuk makanan onde-onde dan criping mentah harganya berubah karena bahan bakunya impor,” katanya.

Menurutnya, untuk omset di lebaran 2013 ini berkurang tidak seperti lebaran tahun lalu, ujarnya kepada team PORTAL BERITA WONOGIRI.[Redaksi]

error: Content is protected !!