Lutung Turun Gunung , Tertangkap Warga Dikasih Makan Kue Kering

0 44

lutung

infowonogiri.com – BULUKERTO – Habitat hewan sejenis kera di wilayah Kabupaten Wonogiri ditengarai mulai kian memrihatinkan, menyusul musim kemarau tahun ini.

Setelah di wilayah Kecamatan Wonogiri Kota, kawanan monyet keluar dari pegunungan menuju perkampungan penduduk untuk mecari makan, kini giliran terjadi di wilayah Kecamatan Bulukerto.

Di Wilayah setempat, kawanan kera juga mulai turun gunung ke pekarangan warga sekitar. Seperti yang terjadi di Dusun Ngelo Desa Conto Kecamatan Bulukerto.

Menariknya, di Bulukerto, hewan yang turun gunung sebangsa kera adalah Lutung. Lutung adalah sejenis kera yang biasanya tinggal di pedalaman hutan yang masih lebat dan hutan lindung. Lutung biasanya biasa makan buah buahan dan dedaunan.

Kian menarik lagi, salah satu warga setempat berhasil menangkap seekor Lutung yang tersesat. Dia adalah Sucipto (48) warga RT 05 RW 04 Desa setempat.

Lucunya, Lutung yang telah dipelihara beberapa hari oleh Sucipto, tidak memakan buah buahan, sayuran atau dedaunan. Melainkan makanan faforitnya kue atau roti kering. “Awalnya hanya iseng saja diberi roti. Ternyata dia suka sekali makan roti kering,”ujar Sucipto.

Sucipto menambahkan, Lutung tersebut ditemukan Sucipto sepekan lalu, ketika berada di sawah dekat rumahnya. “Lutung ini turun gunung, mungkin karena kelaparan dan tersesat,” kata Sucipto. [Rama]

error: Content is protected !!