Jidat Rolat Lukat Patso Maji

0 82
ilustrasi
ilustrasi

infowonogiri.com – SLOGOHIMO – Rukum Islam ada lima (5). Syahadat, solat, puasa, zakat dan haji. Disingkat Jidat Rokat, Lukat, Patso dan Maji. Setelah satu, dua, tiga terlaksana untuk melengkapi yang keempat, maka kita wajib mengeluarkan (membayar) zakat. Zakat wajib dibayarkan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri 1434 H, pada tanggal 8/8/2013.

Akhir akhir ini di sebagian beberapa sekolah melaksanakan kegiatan zakat. Maka dibentuklah panitia zakat fitrah dan zakat (mall), sebagai sara pendidikan dakwah dan aqidah bagi anak anak didiknya.

Seperti dilakukan oleh SMPN 2 Slogohimo. SMPN 2 hampir setiap bulan terbiasa menggadakan kegiatan saling berbagi itu. Jumlah peserta zakat tahun ini 260 siswa (muzzaki). Muzaki ada yang membayar zakat dengan uang, dan beras. Panitia zakat, ANISA (25) mengemukakan, zakat akan diberikan untuk siswa dan lingkungan masyarakat sekitar SMPN 2 Slogohimo.

Penerima zakat menerima ada 87 siswa dan masyarakat 32 KK dengan rincian uang Rp 1.5000 dan beras 5 kg, Dengan acara seperti ini di harapkan semoga tertanam jiwa Saling berbagi. [Rama]
error: Content is protected !!