IR. H. SUPRAPTO, MM, Mantan Sekda Terima Penghargaan Lencana Melati

0 87
Jambore Pramuka Kwartir Ranting XI | Ilustrasi
Jambore Pramuka Kwartir Ranting XI | Ilustrasi

infowonogiri.com – WONOGIRI – Ir. H. Suprapto, MM, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kwarcab Kabupaten Wonogiri menerima penghargaan Lencana Melati dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diserahkan langsung oleh Bupati Wonogiri, H. Danar Rahmanto pada saat Upacara Bendera Peringatan Hari Pramuka ke-52 di Halaman GOR Giri Mandala, Rabu (14/8) yang dihadiri oleh para Muspida dan diikuti oleh seluruh siswa SD, SMP dan SMA se- Kecamatan Wonogiri.

Penghargaan ini merupakan Penghargaan Gerakan Pramuka kepada para anggota dewasa Gerakan Pramuka maupun di luar Gerakan Pramuka yang dinilai berjasa dengan menyumbangkan tenaga dan pikirannya bagi perkembangan Gerakan Pramuka.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, Bupati Wonogiri juga menyerahkan tanda penghargaan berupa Lencana Pancawarsa kepada Estu Tentrem, S.Pd, M.Pd (Ka Pusdiklatcab Kwarcab Wonogiri), Warno Hadi, S.Pd (Wakil Ketua Kwarcab Wonogiri), Sri Nuryati, S.Pd, M.Pd (Ancu Anggota Muda Putri Kewarcab Wonogiri), Asih Budi Utami, S.Pd (Andalan Kwarran Wuryantoro, Wonogiri) Yuhriatun Insiati, S.Pd (Pembina SDN 1 Wuryantoro Wonogiri) dan Agus Surakim, S.Pd (Pembina SMKN 2 Wonogiri).

Penghargaan Lencana Pancawarsa ini merupakan penghargaan bagi para Mabi, Andalan dan Pembina Pramuka yang telah menunjukkan kesetiaan kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama 5 (lima) tahun atau kelipatannya.

Dalam sambutannya, Bupati Wonogiri berharap gerakan Pramuka mampu menjadi pusat penggemblengan bagi generasi penerus bangsa dalam upaya mewujudkan generasi yang berkualitas. Salah satunya dengan mengupayakan lingkungan yang kondusif sebagai faktor pendorong, termasuk didalamnya adalah menjadikan pendidikan kepramukaan dalam akreditasi sekolah, menjadikan aktivitas pembina pada penilaian kinerja tahunan, serta memperhitungkan keterlibatan siswa dalam kegiatan kepramukaan pada waktu menentukan siswa teladan atau siswa berprestasi. “Aktif di pramuka tidak akan mengganggu kegiatan akademis para siswa, karena dalam Gerakan Pramuka terkandung nilai-nilai luhur yang sangat berguna dalam mengembangkan diri untuk masa depan,” tegas Bupati.

Di akhir upacara, Bupati Wonogiri turut memberikan ucapan selamat kepada 6 siswa SMP Negeri 1 Wonogiri yang mendapatkan penghargaan dari Kwarcab Kabupaten Wonogiri berupa Tanda Kecakapan Pramuka Garuda sebagai salah satu simbol prestasi penghargaan kecakapan tertinggi untuk memberikan dorongan dan rangsangan bagi para pramuka dalam melaksanakan kegiatan. Mereka antara lain, Tunggul Setyomuryantono, Bagas Huda Nur Wibawa, Farhan Nokta Pramana Putra, Retiana Yoda Karina, Rodestya Nanda Puspitasari. [Humas]

error: Content is protected !!