H-5 Arus Mudik, 42.386 Penumpang Masuki Terminal Tirtonadi

0 19

 

Peningkatan penumpang mudik Lebaran mulai terlihat di Terminal Tirtonadi Solo
Peningkatan penumpang mudik Lebaran mulai terlihat di Terminal Tirtonadi Solo

infowonogiri.com – SOLO – Peningkatan jumlah penumpang mudik Lebaran 2013 mulai terlihat di Terminal Tirtonadi Solo, Sabtu (3/8). Terbukti H-5 Lebaran jumlah penumpang yang masuk ke terminal mencapai angka 42.386 orang. Demikian disampaikan Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, MV Djamila kepada wartawan, Sabtu (3/8).

Menurutnya, ribuan penumpang itu terdiri dari 81.126 penumpang bus reguler dan 64.020 bus ekstra Lebaran. “Karena masih bisa diatasi dengan armada reguler yang tersedia. Maka kami belum sampai mengerahkan armada komuter cadangan yang melayani rute Antar Kota Dalam Propinsi (AKAP),” kata Djamila saat memantau arus mudik Lebaran yang masuk ke Terminal Tirtonadi.

Pada hari biasa, kata Djamila penumpang bus reguler Antar Kota Dalam Provinsi (AKAP) dan angkutan pedesaan masih dalam batas normal 12.000 hingga 13.000 penumpang. Namun, karena momentum Lebaran, dan memasuki H-5 Lebaran penumpang mengalami peningkatan. Ia menambahkan, puncak arus mudik Lebaran dipastikan hingga H-4 besuk (hari ini –Red). Jumlah penumpang yang memasuki terminal sebagian besar dari arah jakarta yang kemudian melanjutkan perjalanan menju kota-kota di Jawa Tengah (Jateng) dan jawa Timur (Jatim) dengan menggunakan bus reguler.

“Penumpang ini berasal daru bus gratis jasa raharja, bank BRI, Jamsostek, jamu jago dan lain-lainnya,” katanya. Djamila memastikan, jumlah peningkatan penumpang bus gratis yang memasuki Terminal Tirtonadi terjadi pada Sabtu malam. “Sementara ini masih bisa ditangani menggunakan bus reguler yang ada. Kalau seumpamanya nanti penumpang yang datang mengalami penumpukan. Baru kita menurunkan bus cadangan untuk mengurai penumpukan penumpang,” paparnya.

Bus cadangan yang akan dikerhakan ini meliputi bus cadangan dari masing-masing Perusahaan Otobus (PO) sesuai dengan jurusan. Selain itu juga akan dilakukan penambahan bus kota yang sudah dilakukan penempelan stiker Lebaran beberapa waktu lalu.

Untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan di dalam terminal telah dikerahkan ratusan petugas keamanan yang terdiri dari petugas kepolisian Polresta Solo, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Satpol PP, Linmas, Denpom Kecamatan Jebres dan petugas kemanan lainnya.

Sementara itu, salah satu pembantu sopir bus ekstra Lebaran PO Al Mubarok Jakarta, Adi, 26, mengaku berangkat dari Jakarta menuju Solo Jumat (2/8) melewati jalur Selatan. Pasalnya, jika melewati jalur pantura akan mengalami kemacetan. “Biar lancar, aman selama perjalanan kita melewati jalur Selatan,” katanya.(bib)

error: Content is protected !!