Geger Penangkapan Ular Di Dalam Lobang Goa

0 65
Penemuan Ular di lobang goa derah Bulukerto
Penemuan Ular di lobang goa derah Bulukerto

infowonogiri.com – BULUKERTO – Di wilayah pedalaman Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri, masih banyak dijumpai orang-orang berburu ular. Tujuan mereka berburu pun bermacam macam. Ada yang bertujuan untuk dikonsumsi dagingnya. Ada yang bertujuan memelihara hewan reptil itu. Ada pula yang berburu untuk dikonsumsi sebagai obat. Ada juga yang untuk diperjual-belikan.

Habitat reptil ini cenderung menempati lahan pekarangan dan atau area persawahan. Selama ini ukuran yang berhasil diburu memiliki ukuran rata rata 1 meter.

Di Dusun Ngroto Kulon Kelurahan/Kecamatan  Bulukerto dapat dijumpai ular dengan panjang 3,5. Ular ini dikenal sejenis ular piton. Ular tersebut berhasil ditangkap pemburu belum lama ini.

Proses penangkapan tidak mudah. Ular tersebut tampak buas. Terbukti melakukan perlawanan. Penangkapan memakan waktu selama lima jam. Sumar (60) selaku Ketua RT01 Ngroto Kulon mengemukakan, kali pertama melihat ular tersebut, saat ia sedang merumput di lereng perkebunan. Saat itu Sumar membuka liang atau lubang yang tertutup oleh rerumputan.

Sepengetahuannya, lubang semacam itu sering ditempati hewan sejenisandak. “Setelah saya buka ternyata ada ular piton,” katanya. Sumar kemudian menceritakan apa yang dilihatnya kepada warga lainnya. Pada hari itu Sumar hanya membiarkan ular itu di dalam goa kecil.

Esok harinya ular tersebut masih berada di dalam goa itu. Kemudian Sumar memberitahukan kepada seorang pawang ular. Yaitu Mbah Bong (62). Upaya penangkapan membuahkan hasil. Meki demikian sang pawang tergigit oleh olar itu. Kemudian ular tersebut diamankan di rumah ketua RT 01 yaitu Sumar. Warga sekitar berdatangan melihat ular tersebut yang telah dilandangkan. (Rama)

error: Content is protected !!