Festival Karawitan Digelar

0 45
gladi resik karawitan | Foto Bagus
gladi resik karawitan | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Sejumlah kurang lebih 15 grup yang terdiri dari grup pelajar, karyawan instansi, dan masyarakat umum mengikuti Festival Karawitan Umum 2013 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora). Acara dibuka langsung oleh Bupati Wonogiri, H.Danar Rahmanto, Selasa (27/8) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Dalam sambutannya Bupati berpesan, agar generasi penerus diperkenalkan dengan kebudayaan-kebudayaan asli ini, karena budaya dapat menumbuhkan budi pekerti yang baik bagi generasi penerus bangsa, “ Saya secara pribadi memberikan dorongan untuk terus kita kembangkan kepada anak didik maupun anak cucu kita agar mencintai seni gamelan, karena kesenian akan mempengaruhi kejiwaan seseorang. ” pesannya.

Kepala Disbudparpora, Sentot Sujarwoko, SH selaku ketua penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-68. “Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kesenian gamelan. Gamelan milik kita, maka kita pula yang harus melestarikannya.”

Festival Karawitan ini menhadirkan tiga orang Juri dari Institut Kesenian Indonesia (ISI) Surakarta, yaitu Suraji,S.Kar.,M.Sn, Sutimin,S.Kar.,M.Sn, dan Danis Sugiyanto,S.Kar.,M.Hum. Rencananya pengumuman pemenang akan disampaikan langsung pada hari ini.[yuni]

error: Content is protected !!