Anak Desa Juarai Mocopat Tingkat Propinsi Jawa Tengah

0 140
Junisa : ANAK DESA JUARAI MOCOPAT TINGKAT PROPINSI  JAWA TENGAH
Junisa : ANAK DESA JUARAI MOCOPAT TINGKAT PROPINSI JAWA TENGAH

infowonogiri.com – WURYANTORO – Dusun Bethek, Kelurahan Mlopoharjo, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri ternyata banyak menyimpan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang olah seni utamanya kabudayaan jawa.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, telah lahir Dalang cilik Abyan Harry Putra Sadewo (10), yang telah puluhan kali pentas, baik di lingkup Wuryantoro, kota kabupaten maupun luar Kabupaten Wonogiri. Junisa (12) tak lain adalah kakak kandung dari Ki Dalang cilik Sadewo (panggilan akrab Abyan Harry Putra Sadewo), ternyata telah puluhan kali menjuarai Mocopat maupun menyanyi Solo tingkat kabupaten.

Terakhir yang baru saja dimenangi adalah menjadi juara Mocopat Tingkat Propinsi Jawa Tengah, di waktu masih duduk di Sekolah Dasar. Saat ini Junisa duduk di kelas I (7) SMP Negri 1 Wuryantoro. Junisa Salsabila Nuhari Putri (nama lengkapnya), lahir di Wonogiri, 09 Juni 2001, merupakan anak pertama pasangan Harry Hartanto (Wiraswasta) dan Atik Nurgiyatmi (Guru SMK Pancasila 7 Pracimantoro, juga seorang Swarawati dan penyanyi campur sari).

Rupanya anak-anak mas Hary ini mewarisi  darah seni dari kakek nenek dari orang tua Atik Nurgiyatmi. Kakek Junisa merupakan dalang kondang di masanya, Ki Kasdiono Hadi Suwito sementara Neneknya merupakan Swarawati/pesinden RRI Surakarta Nyi Sri Sularni, yang telah melanglabuana bersama Dalang kondang tanah air (Ki Anom maupun Ki Manteb). Dapat dikatakan kalau keluarga Junisa merupakan keluarga seniman seniwati.

Koleksi Piala dan Piagam penghargaan yang Junisa aih telihat bejajar rapi di almari rumahnya. Junisa kecil ternyata juga mahir memainkan instrumen musik Kendang. Baik untuk pentas wayang kulit maupun gending-gending karawitan. Predikat pengendang cilik perempuan juga pernah diraihnya. Beberapa kali juga mengiringi pergelaran wayang kulit dikala sang adik menjadi Dalangnya. [Djarot]

 
error: Content is protected !!