Suparno Bukanlah Aktifis LSM

0 43
Suparno Salah Satu Perantau Sukses Yang Membangun Desa Kelahirannya
Suparno Salah Satu Perantau Sukses Yang Membangun Desa Kelahirannya

infowonogiri.com – SIDOHARJO – Suparno bukanlah aktifis LSM. Namun ia ingin sisa hidupnya dipersembahkan untuk orang lain. Ilmu amal rejeki untuk orang lain. Suparno menyadari banyak sumber daya manusia di Wonogiri rendah. Ia ingin mengangkatnya “Banyak masyarakat Wonogiri bermasalah karena berjudi, miras, narkoba. Ada 200 anak lebih saya rekrut bekerja di Jakarta di bidang otomotif. Kebanyakan berhasil. Ada juga yang gagal,” katanya.

Di bidang pendidikan, Suparno juga mengembangkan bekas sekolahnya SMP Gajah Mungkur menjadi SMK Body and Pain Gajah Mungkur Sidoharjo. Perpustakan Desa dan Sanggar Seni Parnaraya juga didirikan di Desa Widoro.Suparno telah menyiapkan peralatan gamelan bernilai jutaan rupiah. “Kebetulan kakek saya dulu adalah dalang. Saya ingin menyampaikan pesan moral melalui kesenian wayang,” ujarSuparno.

Suparno tidak ingin lagi, melihat masyarakat Desanya gadaikan sertifikat untuk mengobatkan anak sakit. Suparnotidak ingin remaja terlibat perkelahian, balap liar hingga kecelakaan sampai meninggal dunia. Suparno tidak ingin melihat remaja nyandu rokok, mabuk, madat, medok dan maling. “Kalau karyawan saya seperti itu, saya pecat tampa peringatan,” tandasnya.

Struk dipicu dari hipertensi sesuatu penyakit yang mematikan, itu dipicu dari alkohol, makanan dan minuman yang memabukkan, serta rokok. Seperti pernyatan Prof Dr Eka dokter spesialis syaraf yang bekerja di RS Siloam Jakarta. “Berkat Ridho Allah SWT. Aku Ingin Sumbangkan Ide dan Kretifitasku Untuk Sesama,” itulah semboyan hidup yang tertulis pada poster yang tepasang di ruang tamu rumahnya.[Bagus]

error: Content is protected !!