SMP N 2 Jatisrono : Satu Satunya Sekolah Yang Mendirikan Warung Sampah

0 138

smpn 2 jatisrono2

infowonogiri.com – JATISRONO – Satu-satunya sekolah yang mempunyai bank adalah SMPN 2 Jatisrono. Namun bukan bank lembaga keuangan, melainkan warung Sampah. Kini tidak ada lagi sampah-sampah dibakar.

Setiap siswa diwajibkan setor sampah ke Warng  Sampah. Semakin banyak setoran sampah maka semakin banyak tabungan sampahnya. Sampah inilah yang kemudian diolah menjadi pupuk organik, untuk memupuk tanaman sekolah. Anak anak SMPN 2 Jatisrono juga dilatih membiasakan diri Reuse (Memakai kembali), Reduce (mengurangi), Recycle (mendaur ulang), Repair (memperbaiki kembali) dan Replaint (Menanam kembali). Bibit tanaman meliputi buah buahan, sayuran, empon empon, dan kayu kayuan.

Anak SMPN 2 Jatisrono juga sudah mampu bahan bakar briket arang dari bahan limbah, pupuk organik, handycraf berbahan plastik kemasan makanan dan limbah rumah tangga/toko, juga untuk membuat baju rompi dan topi dari bahan limbah rumah tangga/toko, dan lain lainnya.

Ketua Tim Adi Wiyata, Giyadi menambahkan, guru dan murid SMPN 2 Jatisrono sepakat menyukseskan visi “Wiyata Adi Luhur Budi Pekerti Unggul Dalam Prestasi”. Karena itu program 10 K harus benar benar terujud. Yaitu Ketakwaan, Kebersihan, Kesehatan, Ketertiban, Kerindangan, Keindahan, Keamanan, Kekeluargaan, Keterbukaan dan Keteladanan.[Bagus]

error: Content is protected !!