Pecel Sego Tiwul Mbok Suti Jatipurno

0 131
Pecel Sego Tiwul Mbok Suti Jatipurno
Pecel Sego Tiwul Mbok Suti Jatipurno

infowonogiri.com – JATIPURNO – Siapa tidak kenal pecel atau nasi pecel. Makanan yang satu ini memang populer di kalangan masyarakat. Makanan berupa sayuran yang direbus, dikombinasikan dengan sambal kacang dengan nasi putih.

Sederhana memang. Tetapi banyak orang yang menyukainya. Selain harganya yang cukup terjangkau, komposisi sayurannya juga banyak mengandung manfaat.

Mbok Suti (63), warga RT 07 RW 04 Desa Wates, Kecamatan Jatipurno sudah setahun lebih berjualan pecel. Tepatnya di pos keamanan lingkungan(Poskampling) di pertigaan pasar. Mbok Suti harus membayar Rp 50.000 setiap bulannya. Ada yang berbeda dari nasi pecel Mbok Suti, karena nasi pecelnya memakai nasi tiwul. “Wonogiri rak sega tiwul ta mbak…!,” kata Mbok Suti, menjawab pertanyaan wartawan InfoWonogiri , (5/7/13). Karena pada umumnya nasi pecel adalah nasi beras. Satu porsi nasi tiwul dijual Rp.2000, satu porsi pecel Rp.2000.

Ada juga aneka gorengan. Gorengan Rp500/biji. Yang banyak digemari adalah bakwan. Salah satu pelanggan, Rukmini (38) sudah sekitar 15 menit menunggu bakwan goreng matang. Untuk yang suka besengek (tumis tempe gembus dan kulit melinjo) juga tersedia.

Mbah Sinel (67) membantu Mbok Suti menjaga warung. Buka setiap hari di barat pasar Wates, mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Pada hari hari biasa omset rata rata Rp 500.000/hari. Bila kondisinya ramai bisa mencapai Rp 1.000.000/hari. (Eka)