Memancing Di tepian Waduk Gajah Mungkur

0 601
Waduk Gajahmungkur | Ilustrasi Foto : Bagus
Waduk Gajahmungkur | Ilustrasi Foto : Bagus

infowonogiri.com -WURYANTORO – Bila kita menempuh perjalanan dari Wonogiri kota ke Wuryantoro baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, maka sepanjang perjalanan kita menyusuri tepian Waduk Gajah Mungkur yang melegenda. Panoramanya indah menyejukkan jika belum puncaknya musim kemarau.

Di sepanjang tepian Waduk Gajah Mungkur terlihat orang duduk di tepian berjajar memancing ikan. Terlihat pula ada yang memancing dengan berendam, tampak mengasyikkan.

Slamet (60) Pensiunan Pegawai RSU D. Dr. Soediran Mangunsumarso Wonogiri, mengatakan dirinya setiap hari Sabtu dan Minggu sepanjang Tepian Waduk Gajah Mungkur khususnya sisi barat ini selalu dipenuhi oleh para pemancing. Jika berangkat kesiangan dipastikan kesulitan mendapatkan tempat untuk memancing, disebabkan banyaknya pemancing.

Hartoyo (53) menambahkan, para pemancing dari Banjarsari Surakarta, dan Kabupaten Kota se Soloraya. “Kami rombongan naik angkot sewaan. Berangkat dari rumah  sekitar jam 04.00 WIB. Pernah beberapa kali berangkat agak siang, sampai sini tidak dapat tempat strategis, makanya sekarang belum subuh pun kami berangkat. Kadang malah diantara kami ada yang menginap bila berangkat pada hari Sabtu.

Sementara Bu Sanem (48) pemilik Warung yang sehari-hari biasa melayani makan dan minum para pemancing  menuturkan, memang pada hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur ramai. Tetapi bila hari-hari biasa sepi. Pada dasarnya di Waduk Gajah Mungkur ini boleh di bilang tak ada musim panen ikan atau tidak musim panen, karena tiap hari para nelayan lepas (Non Karamba )  perolehan ikannya stabil mas, beda dengan nelayan Laut. Cuma kalau tiba musim hujan yang pertama itu biasanya Ikan-ikan pada Naik menyusuri Air datang ( air kali ).[Jarot]

error: Content is protected !!