Lima Calhaj Dari Purwantoro Yang Protes Turut Dibatalkan Berangkat Tahun Ini

1 47
Kasihaji Ali Yatiman
Kasihaji Ali Yatiman

infowonogiri.com – WONOGIRI -Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonogiri memastikan ada 61 calon haji (Calhaj) dari Wonogiri tidak diberangkatkan tahun ini, menyusul pengurangan kuota haji dari pemerintah. Mereka dijanjikan berangkat tahun depan.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Kantor Kemenag Safrudin melalui Kasihaji Ali Yatiman, kemarin. “Kepastian calhaj dari Kabupaten Wonogiri ada  61 orang, itu hasil seleksi Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Ke 61 calhaj tersebut berasal dari 11 kecamatan. Antara lain dari Kecamatan Wonogiri Kota, Selogiri, Ngadirojo, Wuryantoro, Manyaran, Pracimantoro, Baturetno, Jatisrono, Jatipurno, Sidoharjo, dan Purwantoro. Calhaj asal Purwantoro ada lima orang yang pernah protes ke DPRD Wonogiri.

Ali Yatiman menandaskan, seleksi terhadap calhaj yang dibatalkan adalah kewenangan pemerintah pusat. Kemenag Kabupaten Wonogiri tidak mengetahuinya. Yang diketahui adalah calon haji yang nomor porsinya (nomor urut) rendah.

“Bukan karena faktor usia. Yang tua yang berangkat banyak. Malah banyak yang masih muda. Kemungkinan berdasarkan nomor porsi yang rendah. Pemberitahuan kepada calhaj yang dibatalkan akan disampaikan melalui surat resmi,” katanya.

Resikony pemerintah bersedia nomboki kekurangan biaya haji jika biaya haji tahun depan naik. Namun, jika biaya haji turun, maka kelebihan biaya yang sudah dibayarkan oleh 61 calhaj yang dibatalkan tahun ini maka akan dikembalikan kelebihannya.

Jumlah calhaj dari Wonogiri ada 347 orang. Kloter (kelompok terbang) dan jadual keberangkatan belum diumumkan. Diperkirakan kloter pertama masuk asrama haji sekitar tanggal 10 September 2013.[Bagus]

error: Content is protected !!