Kegiatan MOS di SMP N 3 Wonogiri

0 106
Kepala sekolah membuka MOS SMP 3 Wonogiri
Kepala sekolah membuka MOS SMP 3 Wonogiri

infowonogiri.com – WONOGIRI – MOS atau Masa Orientasi Siswa adalah kegiatan mengenalkan hal-hal yang baru bagi siswa, hal yang baru tersebut diantaranya mengenal lingkungan sekolah, teman, guru dan karyawan, juga berbagai kegiatan yang dilaksanakan di SMPN 3 Wonogiri.

Kegiatan MOS tidak hanya diperuntukkan bagi siswa kelas VII, tetapi jg kelas VIII dan IX. MOS dilaksanakan di lingkungan sekolah antara lain di ruang kelas, lapangan upacara, lapangan olah raga dan aula disesuaikan dengan materi MOS.

MOS 2013 yang diketuai Hery Susanto, SPd, MM dimulai hari Senin 15 Juli 2013 dan berakhir Rabu 17 Juli 2013. MOS dibuka oleh Sutopo, SPd, MM, MSi selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Wonogiri yang mengharapkan agar semua warga sekolah harus mampu meningkatkan kompetensinya sehingga tercapai visi dan misi sekolah yaitu menjadikan sekolah yang berkarakter, cerdas dan berdaya saing.

Tema MOS tahun ini yaitu “SKS” yang berarti “Senang, Kenal, Sayang”. Kegiatan MOS harus membuat siswa SENANG, KENAL lingkungan sekolah dengan segala aturannya, dan akhirnya siswa diharapkan dapat mempunyai rasa SAYANG kepada sekolah yaitu dengan belajar secara rajin dan sungguh-sungguh.

Kegiatan MOS. Di smp 3 wonogiri
Kegiatan MOS. Di smp 3 wonogiri

Peserta MOS kelas VII diikuti sejumlah 213 siswa yang terdiri 121 siswa putra dan 92 siswa putri. Mereka semua terlihat antusias dan merasa gembira dalam mengikuti kegiatan MOS.
Materi MOS yaitu antara lain : kurikulum 2013, Penanaman Budi Pekerti dan Karakter, Tata tertib Sekolah, Berhitung cepat, Tata Krama, Peraturan Baris Berbaris. Kedisiplinan, Solidaritas, Keagamaan, Apresiasi Seni Budaya, Permainan dan Kebersihan Lingkungan.

Karena pelaksanaan bersamaan saat puasa Ramadhan maka waktu kegiatan dikurangi menjadi 35 menit setiap jamnya. Selain itu untuk melatih kedisiplinan dan jiwa sosial, setiap hari siswa kelas VII diberi tugas oleh panitia untuk mengumpulkan uang koin Rp 500 dan Rp 1000, 1 bungkus mie instant serta 1 buku tulis yang akan disumbangkan ke Panti Asuhan atau sesama yang membutuhkan bantuan.[yana]

error: Content is protected !!