Ibarat Burung Menetas Bisa Berjalan dan Bisa Terbang

0 70
Suparno Salah Satu Perantau Sukses Yang Membangun Desa Kelahirannya
Suparno Salah Satu Perantau Sukses Yang Membangun Desa Kelahirannya

infowonogiri.com – SIDOHARJO – Suparno pun mendirikan usaha sendiri. “Ibarat burung, lahir menetas di situ (perusahaan oli), bisa berjalan, kemudian berbulu dan bisa terbang. Maka terbanglah yang jauh. Kalau bisa jangan ngendon,” tutur Suparno berfilsafat. Justru pesan tersebut disampaikan oleh atasnya sendiri, saat Suparno masih berstatus sebagai karyawan di distributor oli. Kebanyakan atasannya adalah pengusaha Cina.

Suparno kemudian membuka usaha di bidang jasa perawatan otomotif. Banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama bekerja bersama pengusaha etnis keturunan. Adalah ilmu disiplin, jujur dan menghargai orang lain. Kini Suparno bisa dibilang tergolong sukses. Suparno sudah mempunyai 16 perusahaan di Jabodetabek, dan beberapa dikembangkan di luar Jawa.

Suparno bukanlah seorang biro jasa tenaga kerja. Tetapi ia banyak menyalurkan tenaga kerja yang berasal dari desanya. Meskipun tidak sedikit pula yang direkrut dari Kabupaten/Kota yang lain. Jumlah tenaga kerja telah mencapai 516 orang. “Justru kebanyakan tenaga kerja itu saya karyakan di perusahaan saya,” tutur Suparno.

Kini Suparno membangun usaha di Desa Widoro Kecamatan Sidoharjo. Ia memulai usahanya kurang lebih sejak dua tahun silam. Antara lain membuka usaha “Batik Tulis Parnaraya”. Diawali dari rasa prihatin Suparno terhadap banyaknya pengangguran di Desanya. Awalnya Suparno membiayai beberapa pemuda-pemudi untuk belajar mem-batik di Solo.

Setelah mereka pintar, mereka menularkan ilmunya membantik terhadap sejumlah pemuda-pemudi di Desa Widoro. Kini usaha itu telah berkembang pesat. Beberapa iven pameran di lokal regional dan nasional telah diikutinya. “Saat ini Batik Parnaraya sedang pameran di Bali,” tutur Suparno. Salah satu karya khas Batik Parnaraya adalah motif jambu mete, sebagai icon batik Wonogiren (Wonogiri).

Berhasil di bidang batik tulis, Suparno kini membuka usaha air mineral. Produk air mineralnya dinamai “Live On”. Semangat Kehidupan. Perusahaan air mineral tersebut dikelola oleh 24 orang. terdiri dari warga penduduk Dusun Klampok Desa Tempursari Sidoharjo. Awalnya, penduduk Dusun Klampok “cemburu” terhadap penduduk Desa Widoro yang lebih dulu mendapatkan perhatian Suparno. [Bagus]

error: Content is protected !!