Banyak Tetangga Kita Yang Membutuhkan Kasih Sayang

0 94
Suparno Salah Satu Perantau Sukses Yang Membangun Desa Kelahirannya
Suparno Salah Satu Perantau Sukses Yang Membangun Desa Kelahirannya

infowonogiri.com –  SIDOHARJO – Suparno sadar, masih banyak penduduk Desa sekitar yang membutuhkan perhatian. Mulailah ia memproduksi air murni dengan kadar mineral rendah namun mengandung oxigen tinggi. Air yang dimurnikan dan ber-oxigen. Air murni untuk kesehatan. Rencana itu disambut positif oleh masyarakat dan Pemda Wonogiri. Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto memberikan suport penuh.

“Bapak Bupati siap membantu dan bekerja sama. Bupati memiliki peralatan canggih untuk produksi dan menyuplai bahan bakunya,” terang Suparno. Selain ituSuparno, juga merintis usaha di bidang pupuk organik, Petro Bio. Pupuk ini hasil kerja sama dengan BUMN PT Petro Kimia Gresik Jawa Timur. Suparno ditunjuk sebagai Distributor Petro Bio oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk 12 Kecamatan se Wonogiri.

Kantor Pemasaran dan Gudang telah dibangun di Desa Tepursari Kecamatan Sidoharjo. Tenaga kerjanya juga banyak direkrut dari warga penduduk Desa Tempursari. Standar gaji yang diberikan adalah UMK (Upah Minumum Kabupaten, Rp.830 ribu). Dua usaha baru tersebut, Jumat (28/6) kemarin diresmikan oleh Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto. Tasyakuran dengan menggelar pentas wayang kulit.

“Tujuan hidup saya ingin mengangkat harkat dan martabat masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi di daerah tempat tinggal saya. Memulai dari hal yang kecil. Membuka lapangan pekerjaan. Saya tidak punya tujuan politik. Saya tidak ingin jadi kepala desa atau pejabat yang lebih tinggi. Saya tidak mau ditungganggi oleh kepentingan politik. Saya tidak mau berpikir dan bertindak politis,” ujar Suparno.

Suparno tidak ingin apa yang dikatakan hanya sebagai slogan. Tetapi Suparno tidak ingin banyak bicara. Tetapi ingin menunjukan kinerjanya langsung ke masyarakat. Sebab masyarakat itu mebutuhkan sentuhan, aktion dan suritauladan serta pelayanan yang baik. “Kita modal kecil, hanya modal semangat yang besar,” tuturnya.

Di bidang pendidikan dan kesenian, Suparno juga menyekolahkan sejumlah anak anak yatim piatu. Ternyata anak anak yang kurang beruntung itu, ketika disekolahkan juga mampu meraih prestasi yang membanggakan. Suparno juga mendirikan sekolah sepakbola “Parnaraya FC”. Sedikitnya sudah ada 60 anak usia 12-13 tahun yang dibinanya. “Umat muslim harus kaya. Kaya hati, kaya ilmu, kaya harta sehingga bisa berbagi untuk,” katanya.

Pembinaan mental pemuda-pemudi di wilayahnya juga disentuh tangan dingin Suparno. Harapannya, tidak ada pemuda Desanya yang dekat dengan minuman keras, perjudian, dan perzinahan. Suparno mengarahkan melalui kesibukan bekerja dan berkarya, di Desanya dan di Jakarta. Organisasi olah raga beladiri SH Teratai dan Winongo disatukannya. “Saya tidak bohong bohongan. Ini karya nyata, mereka butuh perhatian kita,” katanya.[Bagus]

error: Content is protected !!