Aliran Sungai Bengawan Solo Dimanfaatkan Untuk Mencuci

0 94
Aliran Sungai Bengawan Solo Dimanfaatkan Untuk Mencuci
Aliran Sungai Bengawan Solo Dimanfaatkan Untuk Mencuci

infowonogiri.com – SELOGIRI-Saluran air sungai Bengawan Solo di bawah Bendungan Dam Colo di wilayah perbatasan Selogiri Wonogiri -Nguter Sukoharjo dimanfaatkan untuk mencuci alat alat rumah tangga.

Seperti tampak dilakukan oleh beberapa orang warga penduduk Dusun Kedungbanteng Desa Sendangijo Kecamatan Selogiri, penduduk Des Gupit Kecamatan Nguter Sukoharjo pada hari Sabtu (6/7) pagi. Sejumlah orang tampak tengah mencuci tikar di aliran sungai Bengawan Solo. Tikar yang mereka cuci di sana langsung dijemur di daratan tepi Dam.

Sementara sebagian lain pada bagian atas Dam Colo tampak sejumlah orang tengah menangkap ikan, yaitu dengan cara menjaring (menjala), atau dengan cara memancing. Sebagian pecari ikan tersebut justru berdatangan dari daerah lain, di luar wilayah Desa Sendangijo maupun Gupit. Di sisi lain, banyak pula pecinta olahraga sepeda santai yang menikmati pemandangan Bendungan Dam Colo. Di sekitar tanggul Dam Colo terbentang sawah tanaman padi. Pada malam hari, menurut warga setempat, banyak pemuda dan pemudi yang datang menikmati taman Bendungan Dam Colo, terutama yang berada di sisi Utara atau Barat Bendungan Dam Colo.

Agung salah satu warga Nguter mengemukakan, dalam peta, Desa yang paling dekat dengan berbatasan Dam Colo adalah Desa Nambangan Kecamatan Selogiri. Posisi wilayah Desa Nambangan terletak di sisi Utara Selogiri Wonogiri, sedangkan di sisi Timur wilayah Kecamatan Selogiri ada wilayah Desa Sedangijo.

Sementara wilayah Kabupaten Sukoharjo yang Desa-nya berbatasan dengan Bendungan Dam Colo adalah Desa Gupit Kecamatan Nguter.[Bagus]

error: Content is protected !!